Cara Mudah Menata Interior Rumah

Cara Mudah Menata Interior Rumah

BIBLIOTIKA - Dalam soal menata interior atau ruangan rumah, tidak semua orang memiliki kemampuan. Bagaimana cara menata meja kursi, dimana letak paling bagus untuk menempatkan rak dan lemari, kadang kita kebingungan, khususnya jika memang menginginkan rumah kita enak dilihat sekaligus menciptakan kesan nyaman. Bahkan untuk hal-hal kecil pun terkadang kita perlu bantuan seorang ahli.

Nah, jika Anda ingin menata ruangan rumah Anda dengan cukup percaya diri, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda ikuti.

  1. Perluaslah wawasan dan apresiasi dengan rajin mengunjungi toko atau showroom furniture.
  2. Bacalah buku atau majalah-majalah khusus interior.
  3. Kunjungilah pameran seni, mulai seni lukis, patung, grafis, dan lain-lain.
  4. Lakukanlah eksperimen kecil di rumah, yang berkaitan dengan tata letak furniture yang ada, misalnya dengan melakukan sedikit perubahan.
  5. Asahlah kepekaan terhadap ukuran atau proporsi ruang terhadap isinya, dengan cara mencermatinya secara lebih detail.
  6. Sekali-sekali, ikutilah seminar-seminar kecil yang diadakan kalangan tertentu, dengan tema desain interior.
  7. Beranikan diri untuk melakukan diskusi kecil atau berbagi pendapat dengan kalangan terdekat mengenai pandangan umum atas komposisi warna, bahan, ukuran, dan hal-hal lain menyangkut penataan rumah.


Tips mengatasi serangan rayap pada pintu dan kusen

Pintu ataupun kusen rawan serangan rayap, khususnya pintu atau kusen yang terletak di daerah lembap, semisal pintu atau kusen kamar mandi. Untuk mengatasi masalah ini, berikut saran yang bisa Anda lakukan.

Pertama, Anda bisa mengganti pintu dan kusen tersebut dengan bahan lain yang lebih aman untuk kondisi lembap seperti itu, misal menggunakan pintu yang terbuat dari alumunium, PVC, atau yang lainnya. Bahan-bahan tersebut anti rayap, juga mudah dibersihkan serta praktis.

Apabila pintu dan kusen Anda terbuat dari bahan kayu, lapisilah dengan cat kayu yang anti jamur dan anti rayap.


Tips merawat dinding batu alam

Dengan tujuan agar tampak unik dan alami, banyak orang yang memasang batu alam sebagai elemen rumah atau taman untuk menciptakan pemandangan yang menarik. Yang sering menjadi masalah, batu alam yang dipasang di luar rumah rentan sekali terhadap pengaruh cuaca, khususnya kelembapan. Karenanya, batu-batu alam yang pada mulanya terlihat cantik ini pun seringkali segera ditumbuhi lumut.

Untuk mengatasi hal semacam itu, silakan gunakan tips berikut.

Untuk melindungi batu alam dari lumut, gunakan cat transparan khusus untuk batu alam untuk melindunginya. Cat semacam ini biasa disebut coating, dan Anda bisa mendapatkannya di toko besi atau penyedia bahan bangunan. Selain dapat membentengi batu alam dari lumut, coating juga memunculkan serat batu alam, sehingga tampilan rumah Anda makin cantik dan unik.


Tips agar rumah Anda terhindar dari pencuri

Tingkat kriminalitas semakin hari cenderung kian menaik, dan hal itu juga terjadi pada komplek perumahan. Untuk menghindarkan rumah dari kemungkinan datangnya pencuri, Anda bisa melakukan saran berikut. Meski tips berikut ini tidak bisa menjamin seratus persen rumah aman dari kemungkinan pencurian, namun setidaknya rumah Anda akan relatif lebih aman.

Caranya mudah, yaitu peliharalah hewan yang memiliki tingkat agresivitas tinggi, semisal anjing, burung beo, monyet, atau yang lainnya. Hewan-hewan tersebut sangat aktif dalam merespon setiap orang (tamu) yang datang, apalagi jika orang yang datang itu belum dikenal atau asing. Melalui keributan suaranya saat melihat orang asing datang ke rumah, Anda bisa bersiap dan waspada.