Cara Membersihkan Kasur yang Terkena Banjir

 Cara Membersihkan Kasur yang Terkena Banjir

BIBLIOTIKA - Pada saat banjir datang secara tiba-tiba, kita kadang tidak sempat menyelamatkan kasur. Selain berukuran besar, kasur juga cukup berat, sehingga kita cenderung menyelamatkan barang-barang lain yang ringan terlebih dulu sebelum mengangkat kasur dari genangan air. Karenanya, kasur sering menjadi “korban” banjir, dimana kasur tersebut menjadi basah dan penuh air.

Untuk mengatasi kasur yang terkena banjir semacam itu, silakan ikuti kiat-kiat berikut agar kasur Anda nyaman kembali untuk ditiduri.

Pertama, jemurlah kasur hingga kering. Tentu saja penjemurannya menunggu setelah banjir mereda. Selama dijemur, lakukan pembalikan (kasur dibolak-balik), dan pukul dengan rotan beberapa kali, agar kuman yang menempel di sana bisa terlepas.

Setelah kasur mengering kembali, bersihkan noda yang mungkin ada, dan semprotkan disinfektan, kemudian jemur kembali. Terakhir, semprotkan pewangi pakaian sebelum kasur digunakan lagi, agar bau-bau sisa air banjir benar-benar menguap.


Tips membersihkan seprai putih

Seprai atau penutup tempat tidur yang berwarna putih kadang-kadang tidak bisa dibersihkan dengan mudah sebagaimana seprai warna lain. Karena putih, kekusaman atau bahkan noda biasanya tampak dengan jelas. Nah, ada cara yang bisa dilakukan untuk memudahkan proses pencucian seprai putih Anda, agar selalu dalam keadaan bersih.

Setelah seprai dicuci seperti biasa, rebuslah seprai tersebut dalam sepanci air yang telah dibubuhi sedikit air jeruk nipis atau potongan jeruk nipis. Setelah direbus sesaat, angkat dan dinginkan, lalu diperas dan jemur untuk dikeringkan. Dengan cara ini, seprai putih Anda akan selalu terjaga kebersihannya.