Cara Cepat Menemukan Kode HTML

Cara Cepat Menemukan Kode HTML

BIBLIOTIKA - Kode HTML adalah susunan kode yang membangun isi web atau blog kita. Ketika beraktivitas dengan blog, mau tidak mau kita pasti akan berhubungan dengan kode-kode HTML tersebut. Memang selama ini kita mungkin telah dimudahkan untuk tidak terus-menerus berhubungan dengan kode HTML, karena blog kita bisa diolah dan diisi tanpa harus secara langsung menyentuh kode-kode tersebut.

Tetapi, ketika kita mulai ingin berkreasi memperindah atau mempercantik tampilan blog kita, maka mau tidak mau kita harus membaca kode-kode ini. Seperti yang Anda lihat pada tips-tips di atas, semuanya mengharuskan kita untuk membuka kode HTML, dan kemudian menyisipkan kode atau script-script tertentu di antara rangkaian kode HTML tersebut.

Yang jadi masalah, kode-kode HTML itu tidak ditulis dengan bahasa yang biasa kita gunakan, sehingga kita sering kali kesulitan ketika membacanya. Seperti misalnya, di atas tadi ada intruksi agar kita menyisipkan suatu script di bawah kode yang berbunyi “</head>”. Padahal isi kode HTML di blog kita jumlahnya banyak sekali. Bagaimana cara kita menemukan kode “</head>” tersebut agar lebih mudah?

Kalau Anda menelusuri tumpukan kode-kode yang banyak itu dengan cara biasa, dalam arti membacanya baris per baris, maka hampir bisa dipastikan Anda akan pegal dan capek bukan main. Lebih parah lagi, kalau sudah susah-payah begitu, tapi kode yang Anda cari tidak tertemukan.

Nah, untuk mengatasi masalah semacam itu, gunakan saja tips berikut untuk mempermudah Anda dalam mencari kode apa pun yang ada dalam tumpukan baris kode HTML di blog Anda.

Ketika Anda ingin mengedit kode HTML di blog Anda, seperti menyisipkan kode atau script, maka tentunya Anda harus login terlebih dulu ke blog Anda.

Setelah Anda login atau masuk, klik-lah tab Rancangan, kemudian klik Edit HTML. Setelah itu, beri tanda centang pada kotak Expand Widget Template.

Nah, sekarang kita akan mulai mencari kode HTML yang kita inginkan. Tekanlah tombol CTRL dan tombol F pada keyboard komputer Anda secara bersamaan, atau tekan tombol F3. Setelah itu akan muncul kotak pencari yang dilengkapi dengan kata Find pada bagian bawah browser Anda. Nah, masukkan atau ketikkan kode HTML yang Anda cari tersebut di bagian kotak yang tersedia. Lalu klik Find, atau tekan Enter.

Maka bagian atau kode HTML yang Anda cari itu pun akan segera muncul di hadapan Anda, tanpa harus Anda cari-cari lagi. Mudah, kan?