Blogger Berpenghasilan Rp. 120 Juta Per Bulan

 Blogger Berpenghasilan Rp. 120 Juta Per Bulan

BIBLIOTIKA - Blogger itu berusia 21 tahun, dan hanya tamatan SMP, tinggal di daerah Pedurungan, Semarang. Bukan anak orang kaya. Ibunya telah meninggal saat ia masih kecil. Ayahnya menikah lagi, dan meninggalkannya. Sekilas, dia tidak jauh beda dengan anak-anak lain. Tapi anak ini, sekarang, memiliki penghasilan mencapai 120 juta rupiah per bulan. Namanya Eka Lesmana.

Sebagian blogger mungkin telah mengenal namanya, karena Eka Lesmana salah satu blogger Indonesia yang sukses menjalankan Google Adsense. Melalui Google Adsense pulalah, Eka Lesmana berhasil menjadi jutawan, sekaligus menjadi salah satu blogger paling kaya di Semarang dari hasil usaha sendiri.

Seperti yang dibilang tadi, Eka Lesmana bukan anak orang kaya. Ketika dia duduk di kelas 4 SD, ibunya meninggal dunia. Tidak lama setelah itu, ayahnya menikah lagi dengan wanita lain, dan meninggalkan dirinya. Untung, neneknya kemudian mengurus kehidupan Eka Lesmana, hingga dia bisa bersekolah sampai SMP. Namun, karena sang nenek juga bukan orang kaya, pendidikan Eka pun mentok hanya SMP. Tidak ada biaya untuk meneruskan SMA.

Lulus SMP, Eka Lesmana lalu ikut pamannya, dan bekerja menjadi bocah angon (penggembala) bebek. Karena berpikir angon bebek tidak bisa diandalkan sebagai “karir”, Eka Lesmana lalu mengikuti seorang familinya yang bekerja di sebuah pabrik di Solo. Sampai satu tahun dia bekerja di pabrik tersebut, lalu memutuskan pindah kerja menjadi penjaga toko.

Bekerja sebagai pelayan toko menjadikan Eka Lesmana sering berkomunikasi dengan banyak orang (para pembeli atau pengunjung toko). Dengan segala kepolosan dan kesederhanaannya, dia pun bisa menjalin percakapan menyenangkan dengan orang-orang yang datang ke toko. Ketika salah satu pengunjung toko bertanya, “Apakah tokomu punya toko online di internet?”

Eka Lesmana, dengan segala kepolosannya waktu itu, balik bertanya, “Apa itu toko online?”

Lalu dia pun mendapat penjelasan panjang lebar mengenai toko online, dan dia benar-benar mendengarkan. Setelah benar-benar paham, dia membuka laptop di waktu senggang, mencoba-coba membuat toko online.

Di lain waktu, salah satu pengunjung toko kebetulan seorang publisher Adsense. Melalui percakapan serupa, Eka Lesmana bertanya-tanya apa itu Adsense, dan pengunjung itu pun menjelaskannya dengan senang hati. Kelak, Eka Lesmana menceritakan, peristiwa itulah yang menjadi titik balik terpenting dalam kehidupannya.

Bermula dengan mencoba membuat blog, lalu mendaftarkannya ke Google Adsense, Eka Lesmana membuktikan bahwa dia dapat memperoleh penghasilan dari aktivitas itu. Dia lalu mempelajari Google Adsense lebih mendalam, mempraktikkannya ke blog miliknya, memperbaiki hal-hal yang kurang, dan terus berusaha menyempurnakan. Seiring waktu, dia terus memperbarui blognya dengan artikel-artikel baru, dan seiring dengan itu penghasilannya dari Google Adsense terus bertambah. Dan selanjutnya adalah sejarah.

Kini, bocah angon bebek itu bisa hidup enak dengan penghasilan ratusan dollar per bulan. Proses yang dijalaninya tentu saja berdarah-darah, bertahun-tahun, kerja keras dan jatuh bangun, tidak sesingkat yang diceritakan di sini. Yang jelas, Eka Lesmana sekarang telah menjadi salah satu publisher Adsense sukses Indonesia.