Agar Orang Mengunjungi Situs dan Membeli Produk Anda (2)

Agar Orang Mengunjungi Situs dan Membeli Produk Anda

BIBLIOTIKA - Pasar-pasar swalayan modern memberlakukan cara ini dalam bentuk yang berbeda. Berbeda halnya dengan toko atau pasar tradisional yang biasanya memajang barang-barangnya secara tertutup di balik etalase atau di dalam rak kaca, maka pasar swalayan modern menjajakan barang-barang dagangannya secara terbuka di hanger-hanger atau di rak-rak yang juga terbuka sehingga para pengunjung dapat langsung menyentuhnya.

Dan terbukti bahwa pasar swalayan modern ini lebih banyak memperoleh pembeli karena pasar jenis ini memberikan keterbukaan dan pengunjung pun merasa nyaman ketika memilih, menentukan hingga membeli suatu barang yang benar-benar dapat mereka lihat, dapat mereka sentuh, bahkan dapat mereka rasakan.

Begitu pula dengan penawaran di internet. Meskipun penawaran di internet berbeda dengan pasar swalayan, tapi usahakanlah agar dapat memberikan kesan kepada pengunjung bahwa Anda memang benar-benar terbuka, transparan dan jujur kepada calon pelanggan Anda, dan tidak ada yang ditutup-tutupi.

Berikan layanan purna jual yang memuaskan

Bayangkan kalau Anda membeli sesuatu dan kemudian merasa kurang puas dengan barang yang Anda beli karena Anda merasa kurang mampu mengoperasikan barang itu. Anda berpikir bahwa Anda ingin mendapat petunjuk mengenai cara mengoperasikan barang itu dan kemudian kembali kepada penjualnya. Ternyata, si penjual tak mau tahu dengan masalah Anda, yang penting Anda telah membeli dari mereka dan itu berarti semua urusannya sudah selesai. Nah, bagaimana perasaan Anda? Anda jelas akan kecewa!

Begitu pula dengan bisnis di internet. Mungkin Anda menjual sesuatu kepada pengunjung situs Anda, lalu pembeli Anda merasa butuh menanyakan sesuatu dan kemudian menghubungi Anda.

Jika Anda mampu memberikan jawaban yang memuaskan dan pelayanan purna jual yang baik, maka pengunjung pun akan menjadi senang dan mereka akan puas berhubungan dengan Anda, lalu bisa jadi ia akan melakukan penjualan lagi atau bahkan sampai mempromosikan situs bisnis Anda kepada teman-temannya.

Berbeda halnya kalau layanan Anda tidak memuaskan, atau bahkan Anda tidak mau melayaninya sama sekali. Anda cuek dengan pertanyaan yang mungkin mereka kirimkan melalui e-mail, dan Anda merasa bahwa yang penting mereka sudah membeli dari Anda, dan itu berarti semuanya telah selesai, maka para pengunjung pun akan kapok berurusan bisnis dengan Anda, dan bisa jadi mereka akan memberitahu kawan-kawannya agar tidak berhubungan bisnis dengan Anda.

Berikan informasi yang jujur mengenai bisnis Anda

Tidak ada apapun yang dapat dilakukan dan sukses tanpa kejujuran. Begitu pula halnya dengan bisnis di internet. Karenanya, ketika Anda menjual sesuatu di internet dan kemudian melakukan usaha bisnis tersebut dengan cara yang tidak jujur, mungkin Anda memang akan memperoleh pembelian dan memetik keuntungan. Tetapi itu tak akan berlangsung lama. Orang akan tahu bahwa Anda tidak jujur, bahwa Anda telah berlaku curang atau membohongi mereka, dan mereka pun akan berlalu dan tak ingin mengenal Anda lagi.

Karenanya, jika Anda menawarkan suatu barang di internet dan kemudian memperoleh suatu pertanyaan dari pengunjung mengenai barang tersebut, maka lebih baik jawablah dengan jujur dan apa adanya, meskipun Anda berpikir bahwa Anda mungkin tidak akan mendapatkan pembelian jika Anda jujur. Yakin saja bahwa orang akan lebih menghargai kejujuran Anda daripada sebaliknya.

Selain itu, ketika orang sudah mengenal bahwa Anda jujur kepada mereka, maka mereka pun tidak akan takut atau khawatir ketika ingin berbisnis dengan Anda.

Kenalkanlah diri Anda kepada pengunjung situs Anda

Pepatah lama menyatakan bahwa tidak kenal maka tidak sayang. Kalau Anda menawarkan sesuatu kepada orang lain, khususnya di internet, dan orang tidak tahu siapa diri Anda, mungkinkah orang akan melakukan bisnis dengan Anda? Mungkin iya, tapi mungkin juga tidak. Lebih banyak orang mau membeli sesuatu dari orang lain jika ia mengenal orang yang menjual sesuatu itu.

Cara memperkenalkan diri kepada pengunjung situs Anda tentu saja tidak perlu begitu dramatis atau secara vulgar. Yang penting Anda tidak menutupi jati diri Anda yang sebenarnya. Buatlah profil mengenai siapa diri Anda di web bisnis Anda, dan perkenalkanlah diri Anda kepada para pengunjung Anda. Akan lebih bagus lagi kalau Anda mau menampilkan foto diri Anda, atau foto bersama keluarga, kemudian mencantumkan alamat dan nomor telepon yang dapat dihubungi.

Dengan cara begitu, maka para pengunjung situs Anda pun akan merasa mengenal dan dekat dengan Anda karena mereka bisa mengetahui siapakah diri Anda. Dari situ, maka mereka pun akan merasa lebih nyaman untuk berhubungan dengan Anda, khususnya berhubungan dalam hal bisnis.