10 Fobia Aneh di Antara Pria dan Wanita

10 Fobia Aneh di Antara Pria dan Wanita

BIBLIOTIKA - Fobia, atau ketakutan irasional seseorang terhadap sesuatu, kadang memang tidak masuk akal, atau bahkan terkesan aneh dan konyol bagi orang lain. Tetapi orang yang mengalami fobia benar-benar merasakan ketakutan tersebut. Karena irasional, penderita fobia pun biasanya membutuhkan terapi khusus untuk dapat mengatasi fobia yang dialaminya.

Ada cukup banyak jenis fobia menyangkut beragam hal yang bisa terjadi pada orang per orang. Menyangkut fobia, berikut ini sepuluh fobia yang berhubungan dengan pria dan wanita—yang sama-sama aneh—dan mungkin belum pernah kita bayangkan, namun benar-benar terjadi.

Anuptaphobia: Ketakutan berlebihan jika terus berstatus single atau tidak mendapatkan jodoh. Lajang yang ingin menikah namun belum mendapatkan jodoh atau pasangan mungkin sesekali juga khawatir, dan itu lumrah. Namun pengidap anuptaphobia mengalami kekhawatiran berlebihan dan irasional. Ketika perasaan khawatir itu terjadi, gejala-gejalanya mirip fobia di atas—badan lemas, demam, sesak napas, dan lain-lain.

Gymnophobia: Ketakutan irasional terhadap ketelanjangan. Pengidap fobia ini sangat takut melihat orang telanjang, baik dirinya sendiri atau orang lain.

Ithyphallophobia: Ketakutan melihat, memiliki, atau berpikir, tentang ereksi. Fobia ini bisa terjadi pada pria maupun wanita. Jika terjadi pada pria disebut medorthophobia, sedang jika terjadi pada wanita disebut phallophobia.

Oneirogmophobia: Ketakutan irasional pada mimpi basah.

Erotophobia: Ketakutan ini dianggap bentuk paling umum dari fobia seksual. Erotophobia adalah ketakutan dari semua hal berbau seks—hubungan seksual, pertanyaan seputar seks, atau bahkan pengetahuan seksual.

Sedangkan fobia yang secara khusus terhadap hubungan seksual disebut coitophobia.

Parthenophobia: Ketakutan irasional terhadap perawan dan wanita muda.

Kolopophobia: Ketakutan tak masuk akal terhadap organ seks wanita. Gejala yang terjadi pada masing-masing penderita bisa berbeda. Sebagian penderitanya bisa menunjukkan gejala hanya dengan membayangkannya saja, sementara sebagian lain bereaksi hanya jika dirangsang.

Menophobia: Ketakutan irasional terhadap darah menstruasi. Jika pengidapnya pria mungkin tidak terlalu bermasalah. Tapi fobia ini juga tidak jarang menghinggapi wanita.

Tocophobia: Ketakutan tak masuk akal terhadap kehamilan dan persalinan.