Tips untuk Kolektor Pernak-pernik Sepakbola

 Tips untuk Kolektor Pernak-pernik Sepakbola

BIBLIOTIKA - Anda penggila bola? Banyak cara menjadi kolektor pernak-pernik sepakbola. Yang pasti, Anda harus mempertimbangkan betul biaya dan cara mendapatkan pernak-pernik sepakbola yang Anda inginkan. Langkah yang bagus, mulailah dengan mengoleksi stiker atau kartu atau poster bergambar bintang kesayangan. Pilihan ini relatif paling murah dan mudah mendapatkan barang koleksinya.

Tentu saja, idealnya Anda bisa mendapatkan produk koleksi kartu langsung dari luar negeri tempatnya diproduksi. Tetapi produk dalam negeri pun tidak terlalu jelek untuk dikoleksi. Selain itu, tentu saja harganya lebih murah, dengan kualitas yang tak jauh berbeda.

Berikut ini beberapa cara menyimpan dan merawat koleksi stiker, kartu bergambar atau poster idola Anda, yang mungkin bisa Anda ikuti.

Stiker

Cara terbaik adalah jangan pernah melepaskan stiker dari kertas pelapisnya. Biarkan saja stiker itu tetap menempel pada kertas pelapis, meski Anda kemudian menyimpannya ke dalam album. Umumnya, orang terbiasa melepas stiker dari kertas pelapisnya, kemudian menempelkannya di lembaran album. Tapi cara ini bisa merusak stiker Anda ketika memindahkannya ke album yang lain.

Kartu bergambar

Agar koleksi kartu tetap terjaga kondisinya, sebaiknya masukkan kartu dalam kantung plastik berukuran setara dengan ukuran kartu, sebelum Anda memasukkan dalam album koleksi kartu yang tak berperekat.

Bila Anda ingin mengoleksinya dalam album berperekat, coba lapisi dulu kartu itu dengan lembaran plastik tipis (seperti kalau Anda menyampul), baru kemudian tempelkan pada album. Cara ini setidaknya bisa membantu Anda mempertahankan kondisi kartu, meskipun harus disimpan di atas album berperekat.

Poster

Cara terbaik adalah membungkus poster dengan lembaran plastik. Pada poster ukuran kecil (A4), Anda bisa langsung menutupnya dengan cara laminasi. Tapi bila ukuran poster sangat besar, cara termurah dan termudah adalah membungkusnya dengan lembaran plastik mika tanpa perekat yang kemudian direkatkan dengan isolasi. Untuk cara yang paling baik namun agak mahal adalah membuatkan pigura bagi poster Anda.