Tips Seputar Mesin Jahit, Gunting, dan Setrika

 Tips Seputar Mesin Jahit, Gunting, dan Setrika

BIBLIOTIKA - Banyak orang yang memiliki mesin jahit di rumah. Ada yang digunakan untuk bekerja membuat baju, ada pula yang menggunakannya untuk keperluan sehari-hari, semisal menambal pakaian yang sobek atau semacamnya. Bisa dibilang, mesin jahit selalu berpasangan dengan gunting. Biasanya pula, dalam urusan pakaian, mesin jahit dan gunting juga dilengkapi setrika untuk merapikan pakaian.

Berikut ini adalah tips membersihkan mesin jahit, menajamkan gunting secara mudah, serta tips menghilangkan karat pada setrika.


Tips dan kiat membersihkan mesin jahit

Bila Anda setiap hari menggunakan mesin jahit, entah untuk bekerja atau untuk keperluan pribadi, maka sebaiknya bersihkan mesin jahit Anda, setidaknya sebulan sekali. Cobalah cara berikut ini untuk memudahkan ‘servis’ mesin jahit Anda.

Jika jarumnya telah berkarat, gosoklah dengan air cuka.

Sekrup-sekrup mesin bisa dibersihkan dengan cara digosok memakai bensin. Bila sulit karena tempatnya terjepit, bisa digunakan kuas kecil dan bulu ayam. Jika karatnya tebal, campurkan air, cuka dan pasir putih untuk menggosoknya.

Cara demikian ini bisa mengefektifkan kerja mesin jahit Anda. Coba saja.


Tips praktis menajamkan gunting

Seringkali kita menjadi jengkel karena tiba-tiba gunting yang kita pergunakan untuk menggunting kain atau kertas menjadi tumpul. Padahal waktu itu kerja kita sedang terburu-buru.

Menghadapi hal semacam itu, Anda bisa mencoba tips menajamkan gunting yang mudah dilakukan berikut ini.

Caranya, carilah sebuah botol berukuran sedang, lalu tempelkan dua sisi dalam gunting pada leher botol. Gerak-gerakkanlah seperti sedang menggunting leher botol tersebut. Lakukan sekitar sepuluh kali, niscaya gunting Anda akan kembali tajam.


Tips menghilangkan karat di setrika

Jika setrika listrik Anda sudah tua dan agak kesat karena berkarat, jangan langsung dibuang atau diganti. Ada cara yang mudah untuk membuang karat itu tanpa harus melukai permukaan setrika, malah tetap membuatnya halus dan berkilat.

Caranya, hangatkan setrika Anda. Kemudian putus sambungan listriknya, dan olesi permukaan yang berkarat itu dengan jeruk lemon secara merata. Setelah itu, selagi permukaan setrika masih basah oleh air lemon, taburi dengan garam halus, juga secara merata, sampai ke bagian sisi paling luar.

Jemurlah setrika itu di panas matahari selama beberapa jam. Lalu, Anda bisa mengambil kain yang halus dan mulai mengelap permukaan setrika secara perlahan, dan usahakan dengan tekanan yang sama. Nah, lihat hasilnya, dijamin setrika Anda sudah terbebas dari karat dan kotoran lain, serta nampak berkilat dan bersih.

Jika Anda merasa malas mengerjakan hal di atas, Anda bisa membeli larutan hydrocloric di apotek terdekat, lalu laplah bagian setrika yang kotor dan berkarat itu. Hasilnya pun sama-sama memuaskan. Silakan dicoba.