Tips Praktis Mengatasi Cairan Lilin

Tips Praktis Mengatasi Cairan Lilin

BIBLIOTIKA - Mati lampu kadang tanpa pemberitahuan dulu. Terkadang malam-malam ketika kita sedang asyik menonton televisi atau ketika sedang belajar, tiba-tiba listrik padam dan kita pun kemudian menjadi panik mencari lilin.

Meski kecil, nyala lilin bisa sedikit membantu penerangan dalam kegelapan tanpa listrik. Cuma masalahnya, lilin biasa meninggalkan noda berupa cairan hasil pembakaran lilin. Cairan lilin yang telah mengeras itu pun kemudian seringkali menodai tempat-tempat kita meletakkan lilin tersebut. Susahnya, noda-noda itu seringkali sulit dibersihkan, khususnya kalau menempel pada karpet bulu.

Nah, untuk mengatasi hal semacam itu, sebelum lilin dinyalakan, gosok-gosokkanlah sabun mandi ke seluruh tubuh lilin tersebut. Kalau perlu, basahi dulu sabun mandi agar gosokan pada lilin bisa lebih merata. Dengan cara itu, lilin yang dibakar tidak akan mengeluarkan cairannya seperti biasa, bahkan akan menjadi lebih awet. Dan secara tidak langsung, Anda pun telah berhemat, bukan?


Tips mengurangi asap lampu tempel

Tanpa pernah pandang waktu, listrik bisa saja padam setiap saat karena suatu hal. Entah karena kebakaran atau karena hal lain yang mengharuskan aliran listrik harus dipadamkan. Akibatnya, bila padamnya listrik pada malam hari, orang-orang pun menjadi ribut mencari lilin atau lampu tempel untuk penerangan sementara.

Lilin masih dipandang sebagai bahan paling praktis bila listrik padam. Tapi lampu tempel juga masih banyak dipakai orang karena lebih efisien. Selama minyak tanah yang menjadi bahan bakarnya masih ada, lampu tempel akan tetap menyala.

Cuma masalahnya, lampu tempel ini banyak mengeluarkan asap berwarna hitam yang kadangkala sampai membekas pada tembok atau barang-barang lain yang ada di dekatnya.

Nah, untuk menanggulangi hal itulah, tips berikut ini perlu diperhatikan.

Ambillah 3/2 kapur barus (kamfer). Masukkan kamfer tersebut ke dalam minyak lampu tempel. Dengan cara yang praktis ini, asap yang dikeluarkan oleh lampu tempel akan banyak berkurang. Anda pun tak akan dibikin repot oleh asap lampu tempel.