Tips Praktis Menambal Ember yang Retak

 Tips Praktis Menambal Ember yang Retak

BIBLIOTIKA - Ember cuci atau bak mandi bayi yang terbuat dari plastik memang sangat rentan dengan benturan. Ember-ember itu mudah menjadi retak atau bahkan pecah karena suatu benturan atau karena terbanting. Tetapi jangan buru-buru dibuang, karena Anda masih bisa memanfaatkannya. Gunakan saja tips praktis berikut ini untuk menambal ember Anda yang retak itu.

Buatlah lubang-lubang kecil di kiri-kanan bagian yang pecah atau retak tersebut dengan kawat kecil yang telah dipanaskan terlebih dulu. Kemudian, ikatlah lubang-lubang itu dengan kawat agar rapat kembali. Gunakan tang sebagai alat bantu bila Anda merasa kesulitan mengikatnya dengan kuat.

Setelah itu, ambillah lembaran plastik bekas, bakarlah, dan teteskan pada bagian luar serta bagian dalam ember yang pecah atau retak tadi. Setelah kering, ember itu pun dapat Anda pergunakan lagi. 


Tips agar cat tetap awet

Cat yang tersisa dalam kaleng dan dibiarkan lama tak terpakai seringkali menjadi padat dan tidak bisa dipakai lagi karena telah mengeras. Ini biasanya terjadi karena kecerobohan kita saat usai memakai cat, tidak menutup kalengnya dengan rapat benar. Apabila hal ini tak ingin terulang lagi, maka pertama-tama, sebelum kaleng ditutup, bersihkanlah permukaan lingkaran atas kaleng dengan lap, juga pada bagian tutup kalengnya.

Kemudian, tutuplah kaleng cat itu dengan cara menekan tutupnya hingga benar-benar rapat. Setelah itu, nyalakan lilin dan teteskan cairan lilin ke seluruh tutup kaleng. Dengan cara itu, cat Anda pun akan tetap awet dan tidak menjadi kental atau mengeras, dan bisa dipergunakan kembali bila suatu saat diperlukan lagi.