Tips Praktis Membersihkan Benda Kristal

Tips Praktis Membersihkan Benda Kristal

BIBLIOTIKA - Ada cukup banyak orang yang menyukai benda-benda yang terbuat dari kristal. Biasanya benda-benda kristal ini dijadikan pajangan atau pemanis ruangan di rumah. Atau juga ada yang sengaja mengoleksinya hingga dalam jumlah yang sangat banyak.

Nah, untuk merawat agar benda-benda kristal tersebut awet dan selalu nampak indah, Anda perlu tahu bagaimana cara membersihkannya. Anda tidak perlu setiap saat mencucinya, namun cukup empat hingga lima bulan sekali.

Berikut ini adalah tips mencuci benda-benda kristal kesayangan Anda:

Siapkan dua baskom berisi air; satu baskom air hangat dan satu baskom air dingin.

Untuk air hangat, tidak boleh panas, karena apabila air terlalu panas bisa merenggangkan sambungan kristal yang dipadu dengan bahan logam lainnya.

Campurkan sabun cair pada baskom air hangat.

Setelah itu, cucilah satu persatu barang-barang kristal Anda dengan cara hanya mencelupkannya ke dalam air hangat yang telah dicampur sabun cair itu. Air hangat ini akan menghilangkan debu-debu yang menempel pada benda-benda kristal.

Setelah kristal dicelupkan ke dalam air hangat selama beberapa menit, angkatlah kemudian masukkan ke dalam baskom berisi air dingin untuk membasuh sabun cair yang mungkin masih melekat di permukaan kristal.

Setelah dirasa bersih, letakkan kristal di atas koran bersih yang kering untuk mengeringkannya. Tunggu sampai menjadi kering. Anda tak perlu mengelapnya dengan kain karena bisa meninggalkan goresan pada kristal kesayangan Anda.


Tips dan kiat membersihkan freezer

Freezer yang kotor membuat barang yang kita simpan di dalamnya menjadi ikut kotor dan juga dapat menimbulkan penyakit. Untuk membersihkan memang tidak mudah bila tidak tahu caranya.

Nah, jika freezer Anda kotor dan Anda ingin membersihkannya, ikuti saja cara sederhana berikut.

Ambillah pasta gigi (merek apa saja), lalu gosokkan pasta gigi tersebut dengan menggunakan lap bersih pada freezer. Ulangi hinga dua kali, dan hasilnya pun pasti menakjubkan. Freezer Anda akan menjadi putih dan bercahaya. Selamat mencoba.