Tips Pintar Seputar Penulisan E-Mail

 Tips Pintar Seputar Penulisan E-Mail

BIBLIOTIKA -  Dalam surat elektronik yang resmi, biasanya digunakan tanda-tanda untuk mewakili kata yang hurufnya tebal, miring, atau tanda baca, sekedar untuk menunjukkan emosi Anda saat menulis surat itu. Tetapi, jika dalam sarana e-mail yang Anda gunakan belum memungkinkan hal itu, maka di bawah ini diberikan tips bentuk-bentuk tanda untuk menebalkan, membubuhkan tanda baca, atau memiringkan huruf atau kata yang sudah lazim digunakan:

Menebalkan huruf; gunakan Caps Lock. Tanda ini dipakai secara umum untuk menunjukkan bahwa kata yang memakai huruf kapital adalah kata dengan huruf tebal. Atau, cara yang lebih mudah, walaupun kurang menonjol, adalah dengan mengapit kata huruf tebal itu antara dua tanda bintang (*.........*)

Menggunakan tanda baca; hati-hati menggunakan tanda baca. Tanda-tanda baca ini biasanya digunakan untuk menunjukkan gambaran emosi tertentu dalam surat Anda. Tanda seru menunjukkan kemarahan. Orang yang membaca surat Anda mungkin akan menekankan penglihatannya pada kalimat yang dibubuhkan tanda baca tertentu. Dan si pembaca tentu akan tahu apa maksud dari pernyataan atau kalimat yang Anda tulis.

Apa yang akan terihat jika Anda menggunakan banyak tanda tanya (??????). Jika kemudian ada balasan surat yang mengisyaratkan jawaban yang Anda maksud, artinya tulisan Anda sudah dimengerti oleh pembaca.

Memiringkan kata; biasanya kata miring digunakan untuk menyebutkan judul buku atau kata-kata yang belum ada padanan kata yang pas dalam bahasa Indonesia. Agar pembaca surat Anda tahu bahwa kata tersebut menggunakan huruf miring, maka gunakanlah tanda garis bawah (_) antara kata yang dimaksud.