Tips Pintar Menggunakan Search Engine

Tips Pintar Menggunakan Search Engine

BIBLIOTIKA - Setiap search engine (mesin pencari) dalam internet mempunyai cara dan ‘kepekaan’ masing-masing untuk terkoneksi dengan setiap kata kunci. Karenanya, tidak ada suatu cara yang baku untuk bisa menggunakan search engine dengan efektif.

Tetapi, tips berikut ini dapat membantu Anda untuk mempercepat pencarian. Adapun metodenya, tips berikut ini didasarkan pada kaidah-kaidah umum sebuah search engine bekerja:

Pilihlah search engine (mesin pencari) yang datanya lengkap dan disajikan dalam beberapa bahasa.

Pilihlah direktori yang sesuai dengan topik yang akan dicari. Pilih bahasa pengantar yang digunakan pada direktori language. Ini untuk memudahkan mesin membaca kata kunci yang digunakan.

Tentukan kata kunci (key word) yang lebih spesifik dan mengacu pada topik. Hindari penggunaan kata penghubung (seperti ‘DAN’, ‘ATAU’), karena mesin pencari tidak membaca kata semacam itu. Kejelekan cara ini adalah akan begitu banyak data yang ditampilkan, karena berhubungan dengan kata kunci yang Anda gunakan.

Alternatif lain, gunakan internet direktori, karena mempunyai keunggulan yang spesifik, dimana data sudah dikelompokkan. Penggabungn kedua teknik ini disebut hybrid search engine. Cara lainnya lagi adalah dengan menggunakan karakter plus (+). Ini bertujuan untuk memfokuskan teks yang berhubungan dengan kata kunci.

Kalau ingin membatasi pencarian dengan perkecualian, maka gunakan tanda “-“. Contohnya, Anda ingin mencari situs tentang buku, tapi selain buku agama, maka Anda bisa mengetikkan kata “buku agama” pada kotak isian. Dengan cara seperti itu, maka hasil pencarian akan lebih fokus pada materi yang berhubungan dengan maksud Anda.

Jika menggunakan mesin pencari, sebaiknya cari situs yang mengandung deskripsi paling relevan dengan kata kunci, selain situs yang paling banyak di-klik dengan ranking tertinggi.

Menggunakan beberapa mesin pencari secara sekaligus bisa digunakan untuk keefektifan pencarian. Cara ini digunakan karena kepekaan setiap mesin pencari terhadap kata kunci itu tadi berbeda-beda.

Setelah informasi yang sedang dicari berhasil didapatkan, simpanlah informasi ini dengan mengklik tombol Favorite di bookmark situs tersebut pada browser, lalu klid Add. Hal ini akan memudahkan Anda untuk membukanya kembali lain waktu. Cara ini efektif untuk menghemat pulsa internet Anda.