Tips Penting untuk Kolektor Uang Kuno

  Tips Penting untuk Kolektor Uang Kuno

BIBLIOTIKA - Menjadi kolektor uang dan koin uang lama/kuno, sesungguhnya tak terlalu susah. Bahkan bila Anda termasuk kategori pemula. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjadi kolektor uang atau koin uang yang masuk dalam kelompok collector item. Beberapa langkah sederhana di bawah ini mungkin bisa memandu Anda untuk mendapatkan barang koleksi yang Anda inginkan.

Toko barang koleksi

Ini merupakan cara paling kuno dan mudah untuk mendapatkan barang koleksi. Termasuk uang kertas dan koin yang akan dikoleksi. Umumnya, toko-toko barang koleksi menyediakan jenis uang untuk kebutuhan koleksi. Terutama uang yang berusia tua.

Kalau Anda tak mau ambil risiko tersesat atau tak bisa menemukan toko yang semacam itu, cara mudah untuk menemukannya adalah dengan menelusuri buku yellow page (atau buku telepon) dimana saja toko di kota Anda yang menawarkan barang koleksi. Cara ini relatif lebih mudah dan murah yang bisa Anda lakukan dalam berburu dan menyeleksi produk koleksi sebelum Anda membelinya.

Lelang koin

Berburu koin koleksi melalui lelang adalah cara yang paling pintar. Hanya saja, kita harus pandai mencermati dan memahami peraturan dan prosedur lelang yang diberlakukan. Ada beberapa kategori lelang koin yang umumnya dilakukan. Termasuk lelang melalui surat, lelang via internet, atau lelang melalui telepon.

Cermati betul tipe atau jenis koin yang Anda ikuti lelangnya. Langkah ini perlu agar Anda bisa membuat penawaran harga yang pas dan tak terlalu tinggi dalam memberikan penawaran.

Juga hati-hati, lelang bisa membuat Anda ketagihan. Jadi Anda harus melatih disiplin diri Anda dalam mengikuti setiap acara lelang agar tidak sampai kebablasan.

Pembelian via pos

Pembelian melalui surat atau pos merupakan cara yang paling populer dan ringkas dalam mendapatkan koin koleksi. Para dealer atau penyalur koin koleksi biasanya menawarkan harga yang lebih murah dan mudah prosedurnya. Agar Anda tak kecewa, sebelum melakukan pemesanan, ada baiknya Anda cermati betul brosur atau iklan penawarannya.

Bagaimana pun, brosur itu sering hanya menjelaskan info tentang koin yang kadang-kadang tak terlalu rinci. Jadi Anda perlu juga mencari detail tentang karakteristik koin dari sumber lain, sebelum benar-benar memesannya.