Tips Merawat Baju agar Selalu Rapi dan Nyaman Dikenakan

Tips Merawat Baju agar Selalu Rapi dan Nyaman Dikenakan

BIBLIOTIKA - Baju adalah benda yang bagaimanapun juga harus bersama tubuh kita setiap hari, karena ini merupakan salah satu ciri kebudayaan dalam kehidupan manusia beradab. Karenanya, baju sudah menjadi barang penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Karenanya pula, sudah sepantasnya jika kita memberikan perhatian yang cukup besar untuk baju-baju yang kita miliki agar awet, tidak cepat kusam, dan tetap nampak layak sekaligus nyaman saat dikenakan.

Berikut ini adalah kiat-kiat merawat baju:

Gantunglah pakaian yang baru saja Anda pakai dengan bagian yang melekat pada tubuh ada di luar (dibalik). Pastikan baju yang Anda gantung itu ada pada posisi yang baik, agar tidak kusut kalau akan dipakai lagi.

Agar tidak menimbulkan bau, baju yang baru dipakai harus diangin-anginkan. Selain akan terlihat segar, baju akan lebih nyaman kalau akan dipakai lagi.

Kalau bahan baju Anda terbuat dari beludru atau kain yang lembut, pakai saja sikat untuk membersihkan debu yang menempel. Menyikatnya harus searah dan pelan-pelan agar tidak merusak serat kain.

Pakaian yang sudah terlihat kotor sebaiknya dicuci, meski baru sekali dipakai. Tambahkan pewangi untuk menghilangkan bau apek dan untuk mempermudah saat disetrika.

Jauhkan baju-baju dari benda tajam, seperti jarum dan peniti, karena bisa membuat baju robek. Selain itu, hindarkan juga baju kita dari rokok, karena rokok bisa membuat lubang di pakaian.


Tips agar pakaian selalu rapi dan nyaman dipakai

Pakaian yang rapi dan nyaman tentu enak dikenakan. Tubuh kita pun terasa nyaman saat memakainya kemana pun. Nah, berikut ini adalah kiat-kiat agar pakaian kita selalu rapi hingga selalu nyaman saat dikenakan.
  1. Pisahkan pakaian dari yang sering dipakai sampai yang jarang atau tidak pernah dipakai.
  2. Keluarkan pakaian yang sudah tidak terpakai lagi. Daripada menambah sesak lemari, lebih baik disumbangkan kepada orang lain yang lebih membutuhkan.
  3. Gantung atau lipat pakaian yang sudah selesai disetrika.
  4. Berilah alas kertas pada lemari pakaian sebelum pakaian disimpan.
  5. Beri kapur barus biar pakaian tidak berbau apek atau didatangi kutu.


Tips praktis menjadikan pakaian wangi

Setiap bulan, Anda tentu membeli sabun mandi untuk keperluan mandi. Sabun mandi batangan biasanya dikemas dalam sebuah bungkusan kertas yang cukup tebal serta bersih. Nah, Anda bisa memanfaatkan bungkus sabun mandi itu.

Daripada dibuang sia-sia, Anda bisa menaruhnya di antara tumpukan pakaian Anda dalam lemari. Bau harum sabun mandi kesyangan Anda yang menempel pada bungkus sabun itu pun akan membuat pakaian Anda ikut menjadi harum. Mau coba?