Tips Menghindari Kecelakaan bagi Pengendara Motor

Tips Menghindari Kecelakaan bagi Pengendara Motor

BIBLIOTIKA - Pernah dengar ada pengendara motor yang meninggal gara-gara lubang di jalanan hingga membuat tunggangannya terjerembab dan mementalkan pengendara itu hingga tewas saat itu juga?

Nah, karena begitu berbahayanya lubang di jalan bagi pengendara motor roda dua, ada baiknya memperhatikan hal-hal berikut, agar sekurang-kurangnya bisa terhindar dari bahaya yang mengintai melalui lubang di jalanan itu:

Bagi mereka yang biasa melajukan motornya di atas kecepatan 80 km/jam, sebaiknya diperhitungkan kecepatannya. Maklumlah, letak lubang tak bisa diprediksi. Begitu juga ragam kedalamannya. Dengan kecepatan yang sedang, semua bisa diantisipasi dan motor bisa dalam kendali.

Tidak terkecuali siang, berlaku hati-hati sangat penting. Apalagi berkendara pada malam hari.

Jika lubang tak bisa dihindari, sebaiknya langsung berdiri. Posisinya bisa seperti crosser yang sedang bertanding. Ini lumayan untuk meredam guncangan.

Jangan menghentikan laju motor dengan rem mendadak atau mati. Sebab bisa-bisa, penyebab kecelakaan justru karena rem yang terkunci mati itu.

Lakukan pengereman bertahap sambil melepas gas. Lalu oper ke gigi rendah.

Jika tidak bisa menghindar, usahakan untuk tetap jalan lurus sambil berdiri.

Jangan coba-coba belok mendadak. Ini bisa membuat keseimbangan tidak bisa dikontrol.

Bagi pengendara malam hari sebaiknya gunakan lampu terang saja. Jika hanya ada lampu biasa sebaiknya diganti dengan lampu standar.

Pastikan pula, lampu jauh dan dekat maksimal menyorot jalan. Jika sinarnya miring, sebaiknya disetel lurus ke depan.

Lampu belakang dan rem sebaiknya dipastikan menyala dengan baik. Indikator ini penting. Dengan begitu pengendara di belakang bisa melihat kalau kita melakukan pengereman.

Bagi mereka yang senang berpacu juga harus mewaspadai lubang. Sebelum berpacu, sebaiknya cek terlebih dulu kondisi sil sokbreker. Jika sil bocor, otomatis redaman kejutnya menjadi lenyap.

Perhatikan juga, apakah peredam kejutnya masih berfungsi atau tidak. Jika rusak atau telah aus, sebaiknya segera diganti.