Tips Menghemat Sabun Sampai Menghemat Baterai

Tips Menghemat Sabun Sampai Menghemat Baterai

BIBLIOTIKA - Sabun mandi mahal? Memang, kian tahun, harga sabun mandi kian naik dan makin mahal. Sudah begitu, penggunaan yang terus-menerus membuat sabun mandi cepat habis. Nah, ada kiat yang bisa Anda pakai untuk menghemat pengeluaran sabun mandi sehari-hari.

Caranya seperti ini. Jika sabun mandi Anda sudah hampir habis dan sudah sulit digunakan, jangan dulu dibuang. Simpan saja, lalu gunakan sabun yang baru.

Nantinya, jika sabun yang baru itu juga sudah tipis atau hampir habis, satukan atau gabungkan dengan sisa sabun pertama. Satukan keduanya dengan cara dipijit-pijit sambil dibasahi air, lalu tunggu selama satu malam. Maka kedua sabun itu pun akan menyatu dan dapat dipakai lagi seperti sabun baru.


Tips memperpanjang pemakaian pita mesin tik

Kalau Anda kebetulan bekerja dengan menggunakan mesin tik atau mesin ketik, penggunaan pita mesin ketik merupakan suatu keharusan. Nah, yang biasanya terjadi, pita mesin ketik ini cepat habis, dalam arti cepat memudar warna hitamnya, sehingga Anda harus membeli pita mesin ketik yang baru. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa melakukan saran berikut.

Ketika pita mesin ketik Anda dirasa sudah pudar warnanya dan tidak bisa digunakan untuk mengetik lagi, lepaskan pita itu dari penggulungnya, kemudian olesi dengan sedikit minyak tanah. Gunakan kuas untuk mengolesinya untuk mempermudah.

Nah, setelah itu, hasil ketikan akan timbul kembali, dan Anda tidak perlu buru-buru membeli pita mesin tik lagi.


Tips memperpanjang usia baterai 1

Batu baterai digunakan untuk berbagai keperluan. Meskipun pada saat sekarang listrik telah banyak menggantikan pemakaian baterai, namun ada barang-barang tertentu yang tetap membutuhkan baterai, semisal jam dinding, radio portabel, walkman, dan lain-lain. Nah, untuk memperpanjang usia baterai, Anda bisa menggunakan tips berikut.

Baterai-baterai yang sudah tidak bisa dipakai karena usianya yang habis, tidak perlu langsung dibuang. Masukkan saja baterai itu ke dalam dandang (panci penanak nasi) yang dipanaskan di atas kompor. Tunggu selama lima belas menit, kemudian angkat.

Setelah dingin, batu baterai tersebut dapat digunakan kembali, dan Anda tidak perlu membeli yang baru lagi.


Tips memperpanjang usia baterai 2

Selain tips di atas, ada cara kedua yang juga dapat Anda gunakan untuk memperpanjang usia baterai Anda. Caranya tidak jauh berbeda, hanya kali ini kita menambahkan air dan garam dalam prosesnya. Berikut ini caranya.

Kumpulkanlah baterai bekas yang Anda miliki, rebus dengan air yang telah dicampur dengan sedikit garam.

Setelah mendidih, angkatlah baterai dari air, dan dinginkan. Setelah itu, pasanglah pada radio, senter, jam dinding, atau mainan anak-anak yang menggunakan baterai. Selamat mencoba.