Tips Mengatasi Talang Bocor Sampai Mengatasi Kunci Seret

Tips Mengatasi Talang Bocor Sampai Mengatasi Kunci Seret
BIBLIOTIKA - Ketika musim hujan, talang menjadi bagian yang sangat penting, karena melalui talang inilah air hujan dialirkan. Yang menjadi masalah adalah ketika talang ini bocor, sehingga air hujan masuk ke rumah. Lebih repot lagi kalau kebocoran talang ini terlambat diketahui, sehingga tidak ada banyak waktu untuk memperbaikinya.

Nah, jika Anda mengalami masalah genting semacam itu, tidak perlu khawatir dulu. Cari saja gabus bekas pembungkus alat elektronik atau gabus lain, kemudian tuangkan bensin ke dalam suatu wadah.

Lalu, masukkan gabus tersebut dalam bensin hingga mencair. Cairan gabus yang bercampur dengan bensin ini akan membentuk gumpalan seperti lem. Nah, tambalkan lem tersebut untuk menutup talang yang bocor. Maka hasilnya talang Anda pun akan beres kembali, dan air hujan bukan masalah lagi.


Cara meredam panas dan bising pada atap seng

Atap seng banyak digunakan orang, karena lebih praktis sekaligus lebih murah dibanding atap yang menggunakan genteng. Hanya saja, atap seng memiliki kelamahan yang khas, yakni menjadikan ruangan panas, dan menimbulkan suara yang cukup bising saat hujan turun. Nah, untuk mengatasi hal semacam itu, Anda bisa mengikuti saran berikut.

Berilah lapisan gabus di bawah lapisan seng, sehingga posisi gabus terletak di dalam ruangan atau di bawah atap seng. Dengan adanya gabus tersebut, maka udara panas yang masuk dapat berkurang, dan suara hujan yang mengenai atap seng akan dapat diredam kebisingannya.


Tips menghilangkan noda kapur/gamping

Pada waktu mengecat rumah, tidak jarang kita harus terkena cipratan atau tetesan atau noda-noda kapur/gamping yang menjadi bahan cat tersebut.

Untuk menghilangkan noda-noda pada kulit tersebut, gosokkan saja irisan jeruk nipis, dan biarkan beberapa menit. Setelah itu dicuci dengan air sabun. Nah, kulit Anda pun segera bersih kembali.


Tips mengatasi stiker lengket

Jika Anda ingin membersihkan suatu daerah di rumah (misal di pintu, kusen atau tempat lainnya) yang terganggu oleh stiker, dan Anda kerepotan mencopot atau melepaskan stiker tersebut, silakan gunakan tips berikut.

Hangatkan stiker dengan hair dryer, kemudian gosok pelan-pelan dengan menggunakan kartu yang keras sejenis kartu ATM. Nah, stiker yang bandel itu pun kini mudah terlepas.


Tips mengatasi getah nangka

Jika Anda mengupas buah nangka dan di kedua belah tangan Anda banyak getahnya, Anda tentu jadi terganggu dan harus mencari cara untuk menghilangkan getah nangka itu. Namun Anda tak perlu risau, sebab dengan bedak talk saja, Anda akan terbebas dari getah nangka yang menjengkelkan itu.

Caranya, ambil bedak talk secukupnya, taburkan pada kedua belah tangan Anda yang terdapat getah, lalu gosokkan pada kedua belah telapak tangan Anda. Tak lama kemudian getah di tangan Anda pun akan menggumpal bersama bedak dan akan mengelupas sampai bersih. Telapak tangan Anda pun menjadi licin kembali. Mudah, bukan?


Tips mudah membuka tutup botol

Ketika membeli obat atau barang lain yang dikemas dalam botol, maka biasanya kita harus membuka tutupnya yang cara membukanya dengan diputar.

Nah, kadang-kadang tutup botol ini sulit sekali dibuka, entah karena ulirnya macet atau karena tangan kita yang berminyak sehingga tutup botol tak mau bergerak. Untuk mengatasinya, ada cara yang sangat mudah.

Ketika Anda kesulitan membuka tutup botol, lilitkan saja karet gelang pada tutup botol itu, kemudian putarlah tutupnya. Nah, dengan bantuan karet gelang tersebut, tutup botol pun akan mudah dibuka.


Tips mengatasi kunci seret

Kunci yang cukup lama tidak digunakan biasanya akan seret (tidak lancar untuk membuka pintu). Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa melakukan tips berikut.

Gosoklah ujung kunci beserta sepanjang gigi kunci tersebut dengan kapur, lalu tancapkan kunci ke lubang kunci, kemudian masukkan dan keluarkan lagi beberapa kali. Dengan cara ini, kunci yang seret tersebut akan lancar lagi.