Tips Mengatasi Jenuh Saat Macet di Jalan Raya

 Tips Mengatasi Jenuh Saat Macet di Jalan Raya

BIBLIOTIKA - Anda yang hidup di kota-kota besar pasti biasa mengalami ‘penyakit’ jalan raya yang disebut macet. Meskipun biasa menghadapinya setiap hari, Anda pasti akan jenuh juga. Tidak cuma rasa pegal yang menyerang badan, emosi pun jadi mudah terpancing karena jengkel. Semua itu bisa mengakibatkan stres bagi pengemudi jika tak punya cara untuk membuat suasana jadi rileks.

Untuk itu, ikuti tips berikut ini supaya Anda bisa sedikit mengurangi ketegangan saraf Anda ketika terjebak dalam kemacetan:

Siapkan kendaraan dengan baik

Mobil yang terawat dengan baik akan memperkecil kemungkinan terjadi kecelakaan. Efek positifnya akan membuat suasana hati yang tenang dan percaya diri pengemudinya di saat macet karena tak perlu khawatir terjadi kerusakan di tengah kemacetan.

Periksa AC

Perlengkapan standar ini akan membantu membuat nyaman di saat menunggu kemacetan di siang hari yang panas. Pastikan AC mobil Anda tetap dingin dan sejuk.

Pasanglah teve

Untuk membunuh kejenuhan saat macet, Anda bisa memanfaatkan media hiburan yang satu ini. Televisi dalam kendaraan bukan lagi kebutuhan eksklusif dan butuh modal yang mahal. Anda bisa memanfaatkan fasilitas Mpeg yang lebih murah daripada video player.

Dengarkan radio

Mendengarkan musik atau berita lewat radio bisa juga mengurangi rasa jenuh saat macet. Di samping mendapat hiburan, Anda akan memperoleh informasi yang bisa bermanfaat untuk Anda. Di beberapa stasiun radio ada yang menyediakan info kemacetan di jalan. Akan sangat membantu Anda untuk jadi panduan memilih alternatif jalan agar tidak lebih terjebak kemacetan.

Hubungi kawan/relasi

Manfatkan waktu luang untuk menghubungi relasi. Hubungi relasi Anda untuk menanyakan bisnis dan pekerjaan Anda. Hal itu bisa membantu Anda untuk menghemat waktu. Siapa tahu malah ada ide yang sebelumnya terlupakan, kembali muncul karena suatu hal.

Bacalah buku atau majalah

Bagi Anda yang hobi membaca, di sela kemacetan yang panjang dapat Anda manfaatkan untuk membaca buku atau majalah kesayangan Anda. Tapi ingat, Anda tetap harus waspada, agar bila jalanan mulai longgar Anda tidak tetap duduk diam membaca.

Sediakan makanan kecil atau permen

Buru-buru mengejar waktu segera sampai ke kantor dan Anda belum sarapan? Keluarkan cemilan favorit Anda di tengah kemacetan jalan raya. Atau kunyah permen kesukaan Anda untuk menghilangkan kejenuhan saat terjebak kemacetan.

Kalau ingin yang lebih, Anda juga bisa memanfaatkan waktu macet untuk mengisi perut Anda dengan makanan yang lebih berat sebagai makan siang. Khusus untuk para eksekutif yang tak punya banyak waktu, ini tentu bisa sedikit menyelamatkan lambung mereka.