Tips Mendidik Anak Berzodiak Capricorn

 Tips Mendidik Anak Berzodiak Capricorn

BIBLIOTIKA - Anak Capricorn lahir antara tanggal 22 Desember–19 Januari. Secara garis besar, seperti inilah gambaran kepribadian anak berzodiak Capricorn, dan saran dalam mendidiknya.

Karakter:

Kalau bayi atau balita lain mungkin akan senang diajak berbicara dengan bahasa bayi (baby talk), tetapi bayi Capricorn belum tentu suka, khususnya kalau diajak berbicara dengan baby talk yang keterlaluan. Dia lebih suka diajak berbicara dengan gaya orang dewasa, yang tidak perlu dicadel-cadelkan, khususnya kalau dia juga sudah mulai dapat berbicara (meskipun belum jelas).

Anak Capricorn memang biasanya memiliki naluri atau pembawaan yang lebih dewasa dibanding umurnya, atau lebih dewasa dibanding anak-anak lain seusianya. Kalau anak lain masih suka menangis di usianya yang kelima, misalnya, anak Capricorn sudah mampu mewujudkan dirinya sebagai “anak besar yang sesungguhnya” ketika sama-sama berusia lima tahun. Dia akan malu kalau masih suka menangis seperti anak-anak lainnya.

Selain itu, anak Capricorn juga cenderung pendiam, tidak suka banyak bicara. Kelak, ketika telah beranjak dewasa, Anda pun akan melihat karakternya itu secara lebih jelas. Perpaduan wataknya yang khas itu, pendiam dan cepat dewasa, membuat si anak Capricorn menjadi sosok yang bijaksana, bahkan ketika dia masih anak-anak.

Saran:

Secara keseluruhan, menghadapi dan mendidik anak Capricorn tidak susah, khususnya jika dibandingkan mendidik anak-anak dari zodiak lain. Bayi Capricorn adalah bayi yang manis, anak Capricorn adalah anak yang menawan, bahkan orang Capricorn dewasa pun biasanya orang-orang yang menyenangkan. Orang-orang selalu menyukai si Capricorn.

Namun, Anda harus selalu ingat karakternya yang khas, sebagaimana yang disebutkan di atas; yakni dia lebih dewasa dibanding usianya. Karenanya, biasakanlah menghadapinya dengan cara yang berbeda sebagaimana Anda menghadapi anak-anak yang lain. Kalau menggunakan bahasa orang dewasa, anak Capricorn adalah anak yang “aristokrat”—anggun, sekaligus sangat beradab.

Sebagai orangtuanya, sebisa mungkin hindari mengucapkan kata-kata yang jorok atau kasar ketika di hadapannya atau yang memungkinkannya mendengar. Anda bisa dianggapnya sebagai orangtua yang “tidak beradab” kalau dia sampai mendengar Anda mengucapkan kata-kata jorok atau kasar, meski Anda tidak memaksudkannya begitu.

Kalau Anda berpikir anak Anda yang satu ini kesannya sangat serius, Anda tidak keliru. Anak Anda yang satu ini memang serius, bahkan sangat serius. Anda akan melihatnya lebih jelas, kelak ketika ia mulai tumbuh remaja dan dewasa. Anak Capricorn mungkin juga menyukai humor, tetapi humor-humornya pun harus humor yang beradab atau bukan humor yang murahan.

Jika Anda ingin membayangkan seperti apa anak Anda kelak di masa dewasanya, bayangkanlah seorang guru (baik guru lelaki atau guru wanita) yang sangat dihormati dan dicintai murid-muridnya—sebegitu hormat dan cinta, sampai murid-murid akan berlari mendekatinya untuk mencium tangannya setiap kali berpapasan dengannya.

Nah, dengan bayangan sekilas itu saja, Anda telah punya gambaran seperti apa seharusnya Anda menghadapi dan mendidik anak Anda yang satu ini.