Tips Mendidik Anak Berzodiak Cancer

 Tips Mendidik Anak Berzodiak Cancer

BIBLIOTIKA - Anak Cancer lahir antara tanggal 22 Juni–22 Juli. Secara garis besar, seperti inilah gambaran kepribadian anak berzodiak Cancer, dan saran dalam mendidiknya.

Karakter:

Lembut, peka, dan sensitif, itulah karakter Cancer. Semasa bayi, dia adalah sosok malaikat kecil yang ada dalam dekapan hangat Anda, dan Anda tahu dia memang sengaja dianugerahkan untuk kehidupan Anda. Ketika melihatnya, Anda bukan hanya melihat sebuah kehidupan baru bagi dirinya, tetapi juga sebuah kehidupan baru bagi Anda dan dunia. Anda tahu kehidupan Anda telah menjadi lengkap setelah kehadirannya.

Yang paling khas dari anak Cancer adalah sikapnya yang tenang, kalem, lembut, dan anggun. Dia juga halus, pendiam, sensitif. Jika dia lapar, mungkin dia hanya akan diam, dan Andalah yang harus bertanya apakah dia lapar dan ingin makan. Jika dia ingin melakukan sesuatu, dia tidak selalu langsung melakukannya, tetapi biasanya menunggu sampai mendengar persetujuan dari orang lain, khususnya dari ibunya tercinta. Anak yang benar-benar manis, itulah si Cancer.

Di satu sisi, sikap anak Cancer memang menyenangkan karena dia adalah wujud anak manis dalam definisi sesungguhnya. Tetapi, di sisi lain, karakternya yang semacam itu bisa merugikan dirinya sendiri; dia tidak bisa menyatakan inisiatifnya, kurang memiliki keberanian dalam menyatakan maksud dan keinginannya. Ketika dia beranjak besar hingga remaja, anak Cancer pun biasanya akan memperlihatkan sikap dan karakter semacam itu.

Di balik sikap tenangnya yang luar biasa, anak Cancer adalah pengamat yang juga luar biasa. Dia adalah pengamat lingkungan sekitarnya, dan dia dapat mengamati semuanya dengan lengkap, bahkan detail. Ditunjang karakternya yang sensitif, maka apa pun yang dilihat dan diamatinya akan tertanam kuat dalam psikisnya, hingga kelak di masa dewasanya. Apa pun tak ada yang luput dari pengamatan bocah satu ini, karenanya Anda harus berhati-hati.

Saran:

Melihat karakternya yang manis sebagaimana yang dipaparkan di atas, maka mau tak mau Andalah yang harus lebih banyak berinisiatif selama ia masih kecil atau masih anak-anak. Anda harus terus menanyakan apa yang diinginkannya, apa yang ingin dilakukannya, dan apa saja yang dirasakan atau dipikirkannya.

Untungnya, anak Cancer adalah sosok yang menyukai kedekatan dengan orang lain, dan dia juga mudah terbuka pada orang yang dipercayainya. Karenanya, meski mungkin dia tidak banyak bicara, tetapi Anda bisa yakin kalau dia pasti akan berbicara kepada Anda jika Anda bertanya.

Selain itu, hindari mengucapkan kata-kata kasar, atau sampai bertengkar di hadapan anak ini. Ketika anak lain mendengar ucapan kasar orangtuanya, atau menyaksikan orangtuanya bertengkar di hadapannya, hal itu akan tertanam secara kuat di dalam ingatannya. Dan ketika hal semacam itu terjadi pada anak Cancer, maka hal itu akan tertanam jauh lebih kuat, karena emosinya yang sensitif dan peka. Ingat selalu bahwa anak ini menyimpan hati selembut malaikat di dalam dirinya.

Sosok Cancer adalah sosok yang suka berdekatan dengan orang lain, dan dia tidak tahan jika berjauhan dengan orang lain atau sendirian. Karenanya, anak Cancer pun biasanya merupakan sosok yang sangat memuja ibunya, karena sang ibulah yang menjadi orang paling dekat dengannya sejak ia masih bayi. Jika Anda adalah ibu bagi seorang anak Cancer, Anda dapat memanfaatkan hal itu untuk membangun kepribadiannya, menumbuhkan motivasinya, dan mengarahkan cita-citanya.

Kelak, ketika anak Anda telah beranjak besar dan dewasa, mungkin dia dapat menjadi apa pun. Tetapi menjadi apa pun dirinya di masa depan, Anda dapat selalu yakin bahwa dia tetap menyimpan hati selembut malaikat di dalam dirinya.

Baca lanjutannya: Tips Mendidik Anak Berzodiak Leo