Tips Memilih dan Membuat Nama Bayi

Tips Memilih dan Membuat Nama Bayi

BIBLIOTIKA - Memilih dan membuat nama untuk bayi terkadang menjadi sesuatu yang merepotkan, khususnya kalau orangtua belum memiliki panduan atau pilihan nama yang bisa digunakannya. Terkadang, bayi sudah lahir tetapi namanya belum disiapkan karena orangtua masih bingung memberikan nama untuk bayinya.

Karenanya, tips berikut ini akan membantu Anda untuk memilih dan membuat nama untuk bayi Anda. Dengan panduan berikut ini, Anda tidak akan lagi direpotkan bila harus membuat nama untuk calon putra-putri Anda.

Yang pertama, niatkanlah bahwa tujuan Anda memberikan nama untuk buah hati Anda adalah untuk memberinya nama yang baik, yang mengandung arti atau doa yang sama baiknya. Dengan motivasi atau tujuan yang jelas ini, maka Anda tidak akan ragu-ragu atau mudah terpengaruh dengan pendapat atau opini orang lain yang mungkin tidak menyetujui rencana nama yang ingin Anda berikan kepada bayi Anda.

Kedua, kumpulkanlah terlebih dulu nama-nama pilihan yang ingin Anda gunakan untuk memberi nama bayi Anda. Setelah nama-nama pilihan itu terkumpul, rangkailah menjadi nama-nama yang utuh. Banyak sedikitnya nama yang Anda buat akan mempengaruhi banyak sedikitnya pilihan akhir Anda nantinya.

Setelah Anda mengumpulkan nama-nama yang akan digunakan tersebut, pelajari dan pilihlah nama yang sekiranya paling Anda sukai dan cocok menurut hati Anda. Rundingkan hal ini dengan pasangan Anda untuk mendapatkan penguatan atas keyakinan dan kecocokan Anda terhadap nama tersebut.

Ketiga, setelah Anda merasa yakin dengan pilihan atas suatu nama, yakinlah bahwa nama tersebut adalah nama terbaik yang akan Anda berikan kepada bayi Anda. Apabila Anda masih merasa ragu, Anda bisa merundingkannya dengan sanak keluarga, atau orang lain yang Anda percaya. Intinya, Anda harus benar-benar yakin dengan nama yang akan Anda berikan untuk bayi Anda tersebut, karena ketidakyakinan atas suatu nama biasanya akan membuahkan penyesalan di kemudian hari.

Keempat, usahakan Anda telah menyiapkan nama yang pasti untuk bayi Anda, sekurang-kurangnya satu minggu sebelum bayi Anda terlahirkan. Hal ini untuk mengurangi kepanikan Anda dalam membuat dan mempersiapkan nama untuk bayi Anda, sekaligus untuk meyakinkan diri Anda bahwa Anda memang telah benar-benar cocok dengan nama yang telah Anda pilih tersebut.

Kelima, siapkanlah dua nama sekaligus, yaitu nama untuk bayi laki-laki dan nama untuk bayi perempuan. Hal ini untuk mengantisipasi kalau-kalau bayi Anda nantinya tidak sesuai dengan yang Anda bayangkan sebelumnya. Bisa saja Anda mengangankan bayi Anda laki-laki dan kemudian mempersiapkan nama laki-laki, tetapi kemudian bayi Anda yang terlahirkan tersebut berjenis kelamin perempuan.

Karenanya, alangkah lebih baik kalau Anda mempersiapkan dua nama sekaligus, agar Anda selalu siap memberikan nama untuk bayi Anda, apapun jenis kelaminnya.