Tips Membersihkan Bagian Dalam Mobil

Tips Membersihkan Bagian Dalam Mobil

BIBLIOTIKA - Bila bagian dalam mobil Anda kotor, tentu saja Anda sangat tidak enak untuk mengendarainya, bukan? Apalagi jika Anda harus membawa relasi, teman atau bahkan kekasih Anda. Mau tidak mau, supaya semua beres, bagian-bagian dalam mobil Anda harus dibersihkan. Tak terlalu sulit seperti yang Anda bayangkan kok, asal pirantinya tersedia.

Nah, sejumlah piranti yang Anda perlukan untuk memberishkan bagian dalam mobil Anda hanyalah sikat, obat pembersih, lap kulit kanebo, dan vacuum wet dry. Setelah itu, ikuti saja tips berikut ini:
  1. Parkirlah mobil Anda di tempat yang teduh, misal di garasi.
  2. Copotlah jok mobil Anda dengan hati-hati. Sedangkan untuk plafon, console box, dan dashboard, tak perlu dicopot. Jangan lupa pula untuk melepas karpet mobil, hingga dek bawahnya terlihat.
  3. Setelah interior mobil Anda dikeluarkan, sebaiknya disedot terlebih dulu dengan vacuum cleaner untuk membersihkan pasir, debu dan kotoran lainnya.
  4. Sikatlah plafon, jok depan dan belakang. Caranya adalah dengan mencampur air dengan obat pembersih. Tapi setelah dicampur, yang perlu diambil hanya busa dari campuran tersebut. Sikat bagian plafon atau jok mobil dengan busa campuran tadi. Setelah disikat, cepatlah dilap dengan lap kanebo dan kemudian disedot dengan vacuum wet dry.
  5. Sedangkan untuk bagian interior yang menggunakan bahan plastik, sebaiknya disikat dengan cairan pembersih. Kemudian dilap sampai kering, baru diberi cairan pelindung untuk melapisi, agar awet dan bersih. Untuk karpet mobil, cara membersihkannya hampir sama dengan plafon atau jok.
  6. Setelah dibersihkan, plafon dan jok mobil sebaiknya dikeringkan dengan cara diangin-anginkan. Itu penting, agar tidak lembab.
  7. Begitu kering, baru jok mobil Anda bisa dipasang kembali. Begitu pula dengan karpet dan bagian lainnya. Namun, bila Anda tidak ingin repot, Anda bisa memanfaatkan jasa salon mobil untuk membersihkannya.