Tips Membeli Suku Cadang Kendaraan

Tips Membeli Suku Cadang Kendaraan

BIBLIOTIKA - Karena kesibukan atau alasan lainnya, tidak sedikit pemilik kendaraan yang membeli suku cadang di sembarang tempat. Suku cadang itu mungkin saja berlabel ‘Asli’, namun setelah dipakai beberapa waktu, baru terbukti kalau ternyata itu barang palsu. Kalau sudah begitu, Anda malah jadi tambah sibuk, bukan?

Untuk menghindari hal tersebut, caranya sederhana saja. Yakni, belilah suku cadang dari bengkel resmi merek kendaraan Anda, bukan yang imitasi. Sebab, bengkel resmi memang didirikan untuk memberikan layanan purna jual, termasuk menyediakan suku cadang yang asli dan cocok untuk kendaraan Anda.

Memang, tidak semua bengkel tak resmi menyediakan suku cadang yang palsu. Tapi, jika Anda tak yakin atau tak mengenal baik dengan toko atau bengkel tak resmi tersebut, lebih baik Anda cari aman saja dengan cara membelinya dari bengkel resmi.

Jadi, lebih baik Anda sibuk sedikit mencari bengkel resmi daripada sibuk berkali-kali karena urusan suku cadang yang palsu.


Kiat aman membeli velg bekas

Velg mobil bukanlah barang murah. Harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah. Karena harga yang selangit itulah yang kemudian membuat banyak orang beralih pada velg bekas yang banyak dijual di pasaran. Selisih harganya memang cukup banyak.

Tetapi apakah velg bekas itu masih layak dipakai? Itulah yang harus diketahui sebelum menentukan salah satu velg yang akan Anda beli. Caranya memang susah-susah gampang, namun kuncinya adalah teliti sebelum membeli.

Satu hal yang sangat penting, bila sebuah velg (logam) retak, berlubang, atau pecah, kekuatannya tidak mungkin bisa pulih, meskipun sudah dilas atau ditambal.

Biasanya, pedagang velg bekas mempunyai trik tersendiri untuk membuat velg seperti nampak baru. Jadi Anda harus bisa mengetahui apakah velg yang akan dibeli itu sudah rusak parah, rusak ringan, masih aman dipakai, atau benar-benar masih bagus.

Berikut ini adalah tips untuk memilih velg bekas:

Lebih baik membeli velg yang catnya masih asli. Meskipun sudah nampak kusam, tetapi cacat akan mudah diketahui bila cat asli belum ditutupi cat yang baru.

Bila velg sudah dicat ulang, telitilah permukaannya. Bila ada benjolan atau lekukan sekecil apapun, lebih baik jangan dibeli. Bisa jadi benjolan atau lekukan itu adalah bekas lubang atau retak yang ditutupi dempul atau dilas.

Periksalah pinggiran velg. Jangan membeli bila lekukan lingkarannya tidak sempurna. Lekukan tersebut pasti terjadi karena benturan, atau bekas las yang tidak rata.