Tips Hemat Berinternet

Tips Hemat Berinternet

BIBLIOTIKA - Berselancar di internet memang sangat mengasyikkan. Karenanya, tidak jarang kita sampai “kebobolan” karena terlalu keasyikan. Pada waktu membayar tagihan internet, kita kaget karena tidak menyangka sudah menghabiskan banyak biaya.

Karenanya, jangan lupa untuk selalu melakukan work offline, ketika Anda sedang tidak melakukan browsing. Langkah yang memutus hubungan internet dengan modem ini, tentu saja bisa menghemat pulsa internet Anda. Cara melakukannya adalah sebagai berikut:
  1. Arahkan kursor pada File dan kemudian klik Work Offline. Seketika itu juga, hubungan modem dengan internet akan terputus, yang ditandai dengan ikon bergambar garis merah di menu bar bagian bawah.
  2. Bila Anda ingin melakukan browsing, klik ikon yang dituju. Pada halaman itu, akan tampil layar kecil yang memberi dua pilihan: koneksi dilanjutkan (connect) atau tetap off line. Klik connect. Mudah, kan?


Cara lain untuk hemat internet

Berselancar di internet itu tak ubahnya seperti naik taksi. Asal masih jalan, ‘argo’ akan jalan terus. Tetapi untuk internet, sebetulnya ‘argo’ bisa dimatikan meski kegiatan berselancar belum benar-benar berhenti. Caranya adalah dengan melakukan off line pada kolom file, apabila tidak sedang mencari-cari halaman situs.

Selain itu, ada beberapa langkah lain yang juga dapat menghemat penggunaan pulsa internet, yaitu dengan melakukan hal-hal yang bersifat efisien ketika berselancar. Caranya adalah sebagai berikut:

Jika ingin mengambil informasi berupa teks atau tanpa gambar, saat men-download atau menyimpan ke harddisk, pilihlah opsi save as type: HTML only, bukan Web Page Complete, sebab pilihan ini akan memakan waktu.

Manfaatkan ikon History sebaik-baiknya jika Anda menggunakan Internet Explorer. Dengan fasilitas ini, Anda akan dapat melihat halaman-halaman web yang telah Anda kunjungi secara lebih terperinci dalam keadaan off line.

Jika sering mengunjungi situs tertentu, tambahkan pada folder Favorite sehingga Anda tidak perlu terlalu lama mengetik alamat situs tersebut.

Bila Anda perlu mengisi suatu form, isilah form isian atau guestbook dalam keadaan offline. Setelah selesai, baru kembali online untuk pengiriman.