Tips dan Panduan Merawat Perabotan Perak

 Tips dan Panduan Merawat Perabotan Perak

BIBLIOTIKA - Merawat perabotan perak perlu kehati-hatian tersendiri, karena jika salah dalam perawatan, perabotan perak yang cemerlang itu pun akan cepat menjadi kusam dan kehilangan keindahannya. Berikut ini adalah tips dan saran dalam merawat perabotan perak Anda—dari peralatan makan sampai benda koleksi dan perabotan—agar senantiasa bersinar cemerlang:

Untuk peralatan makan yang terbuat dari perak, sebaiknya segera dicuci dengan air sabun yang hangat. Gosoklah secara perlahan dengan menggunakan spons yang lembut, lalu bilas dengan menggunakan air bersih dan segera keringkan.

Apabila barang perak Anda, semisal nampan, kotor setelah digunakan menyajikan makanan, jangan pernah membiarkannya hingga lama. Apalagi jika makanan yang barusan dihidangkan di atas barang perak tersebut mengandung cuka, kuning telur, dan garam. Akan terjadi korosi pada lapisan luar logam perak jika tidak segera dibersihkan.

Apabila Anda merendam barang-barang perak, sebaiknya tidak direndam dalam waktu yang lama, khususnya lagi jika menggunakan sabun cuci yang kandungan sodanya tinggi. Hal ini akan mengakibatkan perak akan pudar warnanya.

Jika peralatan atau barang perak lama tidak digunakan, sebaiknya lakukan perawatan secara berkala setiap satu tahun sekali. Caranya adalah dengan menggosoknya dengan kain katun yang sudah dibasahi dengan silver polish. Ketika menggosoknya dengan kain, hentikan gosokan apabila kain yang digunakan mulai terlihat kotor. Segera ganti dengan kain yang baru, dan lakukan sampai perabotan perak Anda benar-benar bersih dan bersinar.

Apabila ada noda karat yang sulit dihilangkan, jangan dikerok dengan benda tajam. Sebaiknya, gosok saja dengan cairan penghilang noda khusus untuk logam, dan lakukan sampai nodanya benar-benar hilang.

Di dalam menyimpan barang-barang perak, dianjurkan untuk tidak saling bersentuhan secara langsung, atau berilah jarak untuk masing-masing barang perak antara satu dengan lainnya. Selain itu, jika barang akan disimpan sehabis dicuci, pastikan kondisinya benar-benar kering dan bersih, karena sisa air yang masih menempel akan meninggalkan bercak yang nantinya sulit dihilangkan.

Apabila Anda ingin mengemas barang perak dalam sebuah wadah atau dus, sebaiknya balut masing-masing barang tersebut dengan menggunakan kain yang lembut atau beludru, agar masing-masing barang tidak saling menggores.