Tips dan Panduan Bila Ingin Memelihara Anjing

Tips dan Panduan Bila Ingin Memelihara Anjing

BIBLIOTIKA - Keluarga Anda ingin memelihara anjing sebagai binatang peliharaan? Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum sebuah keluarga memutuskan untuk memiliki anjing. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan.

Siapa yang akan merawat

Dalam sebuah keluarga, harus dapat dipastikan siapa yang akan bertanggung jawab atas pemeliharaan anjing tersebut. Biasanya anak-anak sangat antusias memelihara anjing. Akan tetapi, anak-anak mudah sekali bosan sehingga dalam beberapa bulan saja biasanya anjing yang tadinya menjadi hewan kesayangannya itu bisa saja ditelantarkan.

Seringkali bila si anak sudah bosan dengan anjingnya, maka ibu dalam keluarga yang biasanya akan mengurus dan merawat anjing yang telah ditelantarkan itu. Pada hal-hal yang lebih jauh lagi, seluruh anggota keluarga menjadi bosan pada anjing itu, sehingga perawatannya seratus persen diserahkan kepada pembantu.

Apabila hal semacam ini terjadi, maka anjing yang semula diniatkan sebagai anggota keluarga (hewan peliharaan) telah berubah fungsinya menjadi sesuatu yang dianggap sebagai beban keluarga.

Untuk menghindari terjadinya hal semacam itu, dari awal perlu ditentukan siapa yang akan merawat anjing tersebut. Sebab, saling lempar tanggung jawab bukanlah sebuah solusi dalam hal ini.

Soal pendidikan anjing

Apabila sebuah keluarga ingin memelihara anjing di dalam rumah, berarti anjing tersebut perlu diberikan housetraining, yaitu mendidik anjing untuk membuang kotoran di luar rumah. Kesalahan terbesar yang sering terjadi pada sebuah keluarga yang ingin memelihara anjing di dalam rumah adalah minimnya housetrining ini. Akibatnya, si anjing seringkali membuang kotoran di dalam rumah.

Kejadian ini merupakan hal yang tidak asing lagi sebagai pemicu reaksi negatif dari salah satu anggota keluarga terhadap anjing tersebut. Untuk itu perlu dilakukan housetraining pada usia dini. Melakukan housetraining membutuhkan waktu dan kesabaran, akan tetapi sebuah keluarga akan menikmatinya di kemudian hari, yakni memiliki seekor anjing yang dapat membuang kotoran di luar rumah sehingga tidak merepotkan seluruh anggota keluarga.

Sikap dan kelakuan anjing

Bersamaan dengan housetraining, mengajarkan anak anjing untuk berkelakuan baik sebelum terbentuk sifat-sifat negatifnya merupakan tindakan yang sangat penting. Sifat dan kelakuan yang terbentuk pada diri anjing sepenuhnya menjadi tanggung jawab si pemilik.

Apabila si pemilik anjing masih terlalu kecil (anak-anak), maka beban tanggung jawabnya dilimpahkan kepada orang yang sudah dewasa dalam sebuah keluarga, untuk mengajarkan sifat dan kelakuan yang benar pada anjing itu. Pendidikan terbaik pada seekor anak anjing dapat dimulai di saat anjing berumur delapan minggu.

Pendidikan tersebut bisa dimulai dengan hal-hal yang sederhana, seperti perintah untuk duduk, bersikap tenang saat berada di dalam mobil, menunggu untuk tidak melompat saat pintu mobil dibuka, tidak melompat-lompat ketika menyambut kedatangan si pemilik atau tamu, dan lain-lain.

Salah satu kunci dalam mendidik anjing sebaiknya menggunakan metode perhatian, lemah-lembut, dan juga konsistensi, dengan pertimbangan bahwa mental anjing masih sangat rentan. Waktu serta biaya yang Anda keluarkan akan menjadi sesuatu yang berharga apabila keluarga Anda memiliki seekor anjing seperti yang diharapkan.

Di samping itu, anjing yang baik tidak pula mengganggu orang lain, misalnya tetangga, sehingga tidak menimbulkan konflik yang dapat mengganggu ketenteraman lingkungan.

Tips bila anjing Anda keracunan

Anda penyuka binatang anjing? Binatang yang satu ini memang banyak dipelihara karena lucu dan setia. Bila Anda termasuk salah satu dari orang-orang yang memelihara anjing, dan suatu ketika anjing Anda menderita keracunan karena sesuatu yang dimakannya, apa yang akan Anda lakukan? Ada sebuah resep mudah dan murah yang bisa Anda lakukan untuk mengobati anjing yang keracunan.

Caranya, ambillah air kelapa yang masih segar sebanyak satu gelas, lalu tuangkan atau minumkan langsung kepada anjing Anda yang keracunan itu. Dengan cara yang praktis ini, anjing Anda pun akan terbebas dari keracunannya.