Tips dan Kiat Praktis untuk Kolektor Perangko

 Tips dan Kiat Praktis untuk Kolektor Perangko

BIBLIOTIKA - Suka mengoleksi perangko sebagai salah satu hobi? Sebagai seorang kolektor, kita pasti rela melakukan apa saja untuk mendapatkan koleksi yang kita sukai. Termasuk perangko bekas. Nah, untuk merawat barang bekas menjadi menarik memang agak rumit. Kita harus benar-benar hati-hati saat melepas perangko bekas dari kertas yang menempel agar perangko itu tidak jadi rusak.

Gerigi perangko yang rusak atau perangko yang sobek adalah salah satu akibat dari ketidakhati-hatian saat melepas perangko. Nah, untuk melepas perangko dengan mudah dari kertas yang menempel, bisa dengan menggunakan air mendidih.

Caranya, letakkan perangko di atas uap air yang mendidih. Tunggu beberapa saat, perangko pasti akan bisa dilepas dengan mudah. Nah, sekarang kita pun tidak risau lagi saat melepas perangko dari kertas suratnya.


Cara mudah melepas perangko dari amplop

Bila Anda berminat untuk menjadi kolektor perangko dan belum paham bagaimana melepas perangko dari amplop tempatnya menempel, mungkin bisa mengikuti beberapa langkah di bawah ini:

Guntinglah amplop dengan jarak sekitar 1 centimeter dari semua sisi perangko.

Masukkan potongan tersebut ke dalam mangkuk air dingin atau air hangat, tapi jangan sesekali menggunakan air panas. Saat memasukkan guntingan amplop berperangko ke dalam air, posisikan perangko menghadap ke atas (tidak bersentuhan dengan air).

Bila jumlah perangko yang akan dilepas jumlahnya lebih dari dua atau tiga, maka usahakan antara guntingan amplop berperangko yang satu dengan yang lainnya tidak saling menumpuk.

Tunggu selama beberapa waktu agar perekatnya mencair dan perangko bisa lepas dengan sendirinya.

Bila bekas perekat masih menempel pada perangko, bersihkan dengan air bersih.

Angkat (ambil) perangko dengan pinset lalu keringkan dengan cara meletakkan perangko pada kertas hisap atau bisa juga menggunakan koran lama hingga menjadi kering benar.

Pada saat kering, perangko mungkin agak melengkung. Untuk meluruskannya, letakkan perangko tersebut dalam buku tebal dan diamkan selama beberapa hari. Sebelum meletakkannya dalam buku, harus diperhatikan betul bahwa perangko tersebut sudah benar-benar kering.

Cara di atas mungkin tak bisa dilakukan untuk melepas perangko dengan stempel yang buruk atau mudah luntur bila terkena air. Agar hal itu tak sampai terjadi, maka untuk perangko yang memiliki stempel buruk harus dilakukan dengan cara sebagai berikut:
  1. Oleskan air dengan kuas pada sisi belakang perangko. Tunggu beberapa saat sampai perekatnya mencair.
  2. Lepaskan perangkonya dengan pinset.
  3. Keringkan dengan kertas hisap atau kertas koran lama yang bersih sampai benar-benar kering. Bila perangko melengkung, masukan ke dalam buku telepon / buku tebal lainnya selama beberapa hari sampai benar-benar lurus.