Tips dan Kiat Membersihkan Kulkas

 Tips dan Kiat Membersihkan Kulkas

BIBLIOTIKA - Kalau kita kurang pandai merawatnya, seringkali di kulkas atau lemari es timbul noda-noda yang berwarna kuning. Tapi jangan bingung dulu. Karena untuk menghilangkan noda-noda itu, Anda bisa menggunakan resep praktis berikut ini.

Sediakan potongan kain atau lap yang bersih dan pasta gigi. Terlebih dulu kulkas dibersihkan dengan lap yang dibasahi air. Kemudian ambil lap yang kering, bubuhi dengan sedikit pasta gigi (odol) pada ujung lap, lalu gosokkan pada bagian yang ternoda.

Ulangi hal ini sampai seluruh noda menjadi hilang. Kemudian bersihkan kulkas dengan lap basah yang lain sampai tidak berbusa lagi. Kemudian keringkan, dan lihatlah hasilnya.


Tips agar lemari es kembali baru

Lemari es yang telah berubah warna atau kotor dan dekil tentu saja tidak enak dipandang mata. Apalagi bila disana-sini terdapat bekas stiker atau gambar tempel yang sudah koyak.

Ada cara mudah yang bisa dilakukan untuk mencemerlangkan kembali lemari es yang telah kotor dan dekil terebut.

Ambillah kira-kira 2 sendok makan kapurit, campurkan dengan 500 cc air dan sedikit sabun detergen. Lalu gosok-gosokkan dengan busa yang lembut pada permukaan lemari es tersebut. Dengan cara ini, lemari es Anda akan kembali terlihat seperti baru lagi.


Tips agar lemari es tak berbau

Banyak orang yang merasa terganggu dengan aroma tak sedap yang timbul dari lemari es di rumah. Banyak pula orang yang mengeluhkan hal itu karena merasa sudah membersihkan lemari esnya namun tetap saja lemari es itu mengeluarkan bau yang tak sedap, pengap dan tak segar. Nah, untuk masalah menyangkut lemari es yang berbau kurang menyenangkan itu, berikut ini tips untuk menanggulanginya.

Sebelum membersihkan lemari es, kosongkan dulu lemari es Anda. Setelah itu, bersihkanlah dengan cara mengelap semua sisinya dengan memakai kain yang telah dibasahi dengan shampo. Boleh shampo apa saja. Usahakan setiap sudut dalam lemari es itu tersapu dan bersih.

Setelah itu, bilaslah lemari es dengan kain yang telah dibasahi air hangat. Lap juga sampai kering. Kemudian biarkan lemari es terbuka beberapa saat.

Langkah berikutnya, ambil vanili dan taburkan di sudut-sudut lemari es. Masukan juga vanili dalam wadah terbuka, dan letakkan di bagian paling bawah lemari es. Biarkan vanili itu berada di sana selamanya.

Sekarang Anda bisa kembali mengisi lemari es Anda, dan lihatlah, tak akan lagi ada bau yang tak sedap di lemari es itu. Kini bahkan baunya berganti aroma yang segar dan wangi, hingga sampai keesokan harinya. Silakan dicoba.