Tips dan Kiat Jitu Menata Buku

Tips dan Kiat Jitu Menata Buku

BIBLIOTIKA - Buku adalah harta paling berharga buat mahasiswa atau mereka yang selalu ingin up to date dalam menambah wawasannya. Nah, untuk Anda yang suka mengoleksi buku, berikut ini adalah kiat-kiat untuk menjadikan koleksi buku Anda awet dan tak mudah rusak atau bahkan hilang:

Beri nama jelas, tanda tangan dan tanggal kepemilikan pada setiap buku yang Anda miliki. Jadi kalau ada yang meminjam, buku itu tidak berpotensi untuk ‘lenyap’ karena si peminjam akan seolah diingatkan bahwa Andalah pemilik buku tersebut.

Buatlah daftar buku yang kita koleksi. Bentuk daftarnya terserah pada Anda, tetapi minimal mencakup nomor, judul buku dan keterangan tentang ada dimana buku itu sekarang. Daftar ini akan membantu kita untuk mengetahui jumlah buku yang kita miliki dan siapa yang meminjam.

Berilah sampul plastik agar buku lebih awet dan tak mudah lecek. Untuk buku-buku kuliah atau buku referensi penting lainnya, tak ada salahnya bila dijilid hard cover. Sebab buku-buku jenis ini biasanya sering digunakan.

Segera atasi bila buku kotor, robek atau ada halaman yang terlepas. Semakin lama ditunda biasanya kita semakin mudah lupa atau malas. Akibatnya kondisi buku bertambah parah. Kalau kotor atau basah, bersihkan dengan cara menekan-nekan kertas tisue pada bagian yang kotor. Kalau robek atau lepas, simpan bagian yang robek atau lepas itu pada sisi halamannya dan perbaiki segera.

Buatlah rak khusus untuk menyimpan buku-buku ini dan ingatkan setiap orang untuk meletakkan kembali buku-buku yang telah dibaca ke tempatnya semula. Kalau perlu adakan ‘inspeksi’ seminggu sekali untuk membenahi buku-buku yang terserak tidak pada tempatnya.

Perhatikan kelembapan, debu, ngengat, rayap atau jamur, karena semua itu adalah musuh utama buku. Untuk itu, hindari meletakkan rak buku di tempat lembap seperti di dekat kamar mandi. Bersihkan rak buku dari debu secara berkala dan minimal satu atau dua bulan sekali (tergantung jumlah buku) buat jadwal untuk mengangin-anginkan buku. Cara ini berguna untuk membersihkan buku secara keseluruhan, menghindari jamur, rayap, ngengat, sekaligus membuat penataan ulang buku-buku.

Jangan segan-segan membagikan ilmu kepada orang lain dengan cara meminjamkan buku. Tetapi jangan segan-segan pula untuk menagih buku-buku yang dipinjamkan bila tiba waktu pengembaliannya. Sebab seringkali kasus hilangnya buku-buku kesayangan bukan hanya karena orang lupa mengembalikannya, tetapi juga karena pemiliknya malas menagihnya.