Tips dan Cara Memandikan Anjing

 Tips dan Cara Memandikan Anjing

BIBLIOTIKA - Kesenangan Anda bermain-main dengan anjing akan menjadi-jadi apabila anjing peliharaan Anda selalu dalam keadaan bersih dan sehat. Untuk itu, anjing harus dimandikan secara rutin dan teratur, setidaknya dua kali dalam sebulan. Dengan dimandikan secara rutin dan teratur ini, maka bulu anjing akan tumbuh subur, segar dan menggemaskan. Berikut ini adalah tips dan cara memandikan anjing secara benar.

Mula-mula, bulu anjing disisir dengan sisir khusus. Maksudnya agar bulu yang tua dan kusut bisa terlepas. Kalau terlihat ada kutunya, ambillah kutu dengan menggunakan pinset. Sebaiknya anjing dirantai di bawah perutnya supaya mudah dikendalikan.

Di kamar mandi, bulu anjing dibasahi dengan air hangat yang disemprotkan melalui selang pemancar air. Bisa pula menggunakan kain pembasuh dan ember berisi air hangat bila selang tidak tersedia. Lipatlah telinga anjing ke bawah sewaktu menyiram bagian kepala agar air tidak masuk ke dalam telinga.

Usapkan shampo khusus anjing sedikit demi sedikit dari kepala sampai ekornya, lalu gosoklah dengan kecepatan yang tetap sehingga berbusa. Selanjutnya bulunya disikat secara berlawanan arah tumbuhnya dengan menggunakan sikat mandi agar kulit dan bulunya tercuci sempurna. Lakukanlah dengan hati-hati untuk mencegah busa shampo tidak mengenai mata.

Setelah shampo diberikan secara merata, anjing disiram kembali hingga bersih. Apabila bulunya panjang dan kebetulan sangat kotor, sebaiknya anjing diberi shampo dan dibilas sekali lagi.

Keringkanlah bulu anjing dengan menggunakan handuk. Gantilah dengan handuk lain apabila handuk pertama sudah terlalu basah.

Keringkanlah dengan menggunakan pengering listrik dengan tingkat panas sedang. Sementara itu, anjing tetap dirantai pada bagian perutnya. Sambil dikeringkan, sikatlah bulunya dan sisirlah secara berlawanan dengan arah tumbuhnya bulu. Dengan cara ini, bulu anjing akan kering tetapi tidak kusut.

Setelah bulu-bulunya kering, telinga bagian dalam dibersihkan dengan menggunakan kapas yang telah diolesi dengan baby oil, dan kuku yang terlalu panjang digunting dengan menggunakan gunting kuku khusus. Apabila bulunya akan dirapikan, pemotongan bulu dilakukan setelah semua tahapan ini selesai dilakukan.

Anjing berbulu panjang seperti jenis pudel, pomerian, atau shih tzu, dianjurkan agar selalu digunting bulunya setelah dimandikan agar tampak rapi. Bulu yang dipotong biasanya di bagian pergelangan kaki, di ujung telinga, dan di ujung ekor.

Setelah anjing terlihat rapi dan bersih, semprotkanlah sedikit parfum untuk menyempurnakan penampilannya.


Tips menghilangkan bau kotoran hewan

Binatang peliharaan seperti kucing atau anjing seringkali buang air kecil di sembarang tempat, terutama pada dinding dan lantai rumah. Akibatnya, bau yang tidak sedap pun berhamburan di depan hidung. Ini tentu sangat tidak mengenakkan dan membuat rasa tidak nyaman, apalagi bila ada tamu yang datang dan juga mencium bau tersebut.

Untuk mengatasi bau yang tidak enak itu, Anda bisa mengikuti tips yang satu ini.

Ambillah seember air, lalu campurkan dengan dua sendok makan kapur sirih. Aduk-aduk, kemudian siramkan air campuran itu ke tempat-tempat yang berbau tidak enak tersebut. Setelah itu, bilaslah dengan air bersih. Dengan cara ini, bau yang tidak sedap itu pun akan hilang.