Tips agar Tanaman Anggrek dan Melati Cepat Berbunga

 Tips agar Tanaman Anggrek dan Melati Cepat Berbunga

BIBLIOTIKA - Bagi Anda yang suka berkebun, anggrek tentunya menjadi salah satu pilihan untuk jadi tanaman hias di rumah anda. Namun ada satu kelemahan anggrek, kadang tanaman ini tidak lekas berbunga. Nah, jika Anda menginginkan tanaman anggrek Anda cepat berbunga, ikuti saja tips berikut ini:

Siramkan air yang telah dicampur dengan moto (mereknya terserah Anda) di sekitar akar anggrek. Dengan cara ini, tanaman anggrek Anda akan cepat berbunga.

Selain cara di atas, Anda juga dapat membuat anggrek cepat berbunga dengan cara menyiramkan sisa betetan ikan; sisik atau ekor atau kepala ikan. Tapi jangan siramkan terlalu dekat dengan akar anggrek. Cara ini juga dapat membuat pohon mangga cepat berbuah dan menjadikan rasa buahnya lebih manis.

Cara lain untuk tujuan yang sama adalah dengan menyiramkan sisa kopi pada sekitar akar anggrek Anda.


Tips agar melati cepat berbunga

Siapapun tentu menyukai bunga melati. Bentuknya mungil dan indah, warnanya harum dan juga memiliki banyak kegunaan. Anda pun tentu menyukainya, bahkan mungkin saat ini Anda telah memiliki tanaman melati tersebut di halaman atau di kebun rumah Anda. Anda menginginkan tumbuhan melati Anda cepat menghasilkan bunga?

Untuk menghasilkan tanaman melati yang cepat berbunga, maka Anda harus rajin menyiraminya setiap pagi, dan jangan lupa untuk memotong daun-daunnya. Lalu tunggu beberapa hari. Dalam beberapa hari itu, Anda akan melihat kucup-kuncup yang baru, yang akan segera mekar menjadi bunga.

Jika bunga yang telah mekar itu rontok, potonglah kembali pucuk daun seperti cara di atas, dan begitulah seterusnya. Dengan cara seperti itu, tanaman melati Anda akan cepat berbunga.


Tips agar bunga dan buah jadi awet

Anda memiliki hobi menanam bunga dan buah di dalam pot? Itu salah satu hobi yang menyenangkan. Apalagi kalau pot-pot yang penuh bunga dan buah itu ditata rapi di teras atau halaman rumah, pasti menambah rasa asri.

Tapi, ada kalanya tanaman itu suka ngambek, tidak mau berbunga atau berbuah. Sebenarnya mudah saja untuk membuat mereka segera berbunga dan berbuah lagi. Hanya dibutuhkan sedikit kerajinan dan ketekunan. Simak saja tips yang berikut.

Campurkan ampas kopi dan teh sisa minum pagi dalam sebuah wadah. Lalu tambahkan satu sendok makan vetsin dan diamkan sekitar satu jam. Setelah itu taburkan campuran tersebut pada tanah dalam pot bunga yang belum juga berbunga itu. Aduk-aduklah sedikit, lalu siramlah dengan air.

Sebaiknya hal tersebut dilakukan setiap hari ketika matahari belum terbit. Tidak berapa lama, tanaman itu pun akan segera berbunga.

Untuk pohon buah yang lama tidak berbuah, cukup diberi vetsin saja kira-kira sebanyak setengah sendok makan per pot. Caranya sama seperti perawatan pada bunga-bungaan di atas.