Tips agar Sepeda Motor Aman dari Pencuri

 Tips agar Sepeda Motor Aman dari Pencuri

BIBLIOTIKA - Pencurian sepeda motor kian hari kian menjadi-jadi. Tak peduli siang ataupun malam, sewaktu-waktu motor yang diparkir bisa raib secara tiba-tiba. Berikut ini beberapa tips kreatif untuk mencegah agar sepeda motor aman dari pencurian.

Saat memarkir motor di tempat umum yang rawan kejahatan, sebaiknya buka tutup busi. Masukkan ke saku atau kantong celana. Dengan cara ini, motor tak akan dapat distarter (dihidupkan). Tapi hati-hati, jangan sampai tutup busi yang Anda bawa itu hilang.

Kalau mau sedikit meluangkan waktu, pasanglah sakelar arus yang tersembunyi dari accu. Ini bisa disebut kunci rahasia. Saat parkir, putuskan aliran listrik melalui sakelar tersebut, sehingga bila kunci kontak dirusak oleh maling, nantinya tetap tak akan ada aliran listrik untuk menghidupkan mesin. Tetapi Anda sendiri tidak boleh lupa letak kunci rahasia itu.

Selain itu, Anda juga bisa memasang gembok di roda gigi belakang. Atau pasang kunci pada cakram depan atau rantai. Tapi pakai saja gembok yang sewajarnya, karena kalau terlalu besar, Anda sendiri yang akan repot membawanya.