Tips agar Membaca Lebih Nyaman dan Menyenangkan

Tips agar Membaca Lebih Nyaman dan Menyenangkan

BIBLIOTIKA - Buku adalah sumber pengetahuan, guru yang tidak cerewet, sebuah jendela untuk melihat dunia. Tapi, susah juga membaca buku jika belum terbiasa, apalagi buku-buku yang tergolong berat seperti buku iptek atau filsafat yang memiliki jumlah halaman sangat tebal.

Nah, kalau Anda ingin sukses dan tahan lama dalam membaca buku, Anda bisa simak tips yang berikut ini.

Yang pertama adalah tidak terburu-buru. Kalau belajar berhitung dimulai dari angka satu, belajar membaca juga dimulai dari halaman pertama. Terus, dilanjutkan ke halaman berikutnya. Anda tidak perlu berpikir kapan selesainya, tapi tetap baca saja, dan teruslah membaca. Kalau terus membaca, tanpa disuruh pun halaman terakhir buku itu akan terlewati juga.

Yang kedua, jangan lupa istirahat. Kalau sudah keasyikan membaca, jangan lupa diri. Istirahatkan sejenak mata Anda sambil sedikit meregangkan otot tubuh yang sempat tegang waktu membaca. Kalau perlu, selingi dengan kegiatan lain, seperti menyapu rumah, membersihkan kamar dan lain-lain. Setelah sudah kembali fresh dan siap membaca lagi, kembali bukalah buku yang sedang Anda baca.

Yang ketiga adalah jangan memaksa. Karena kita manusia, tidak usahlah memaksakan sesuatu kalau kita sudah tidak mood atau berselera lagi. Kalau sedang pusing, atau ketika sedang banyak pikiran, tidak ada salahnya beralih sebentar ke buku-buku yang ringan atau bahkan komik sekalipun.

Tidak ada salahnya juga jika untuk mengisi waktu jeda itu Anda membaca buku cerita-cerita lucu. Dengan cara demikian, mood atau selera Anda pun bisa kembali lagi, dan Anda bisa kembali beralih ke buku yang sudah Anda baca tadi.


Tips sehat membaca

Membaca itu mengasyikkan, khususnya bagi Anda yang memang suka membaca. Selain dapat menambah pengetahuan dan informasi terbaru, otak juga terus terasah untuk menghindari kepikunan di hari tua nanti. Tapi ingat, membaca juga memerlukan teknik-teknik tertentu sehingga kesehatan mata terjaga dan kegiatan membaca itu sendiri bisa dilakukan dengan tenang tanpa gangguan. Berikut ini tips-tipsnya.
  1. Pakailah penerangan yang baik. Sebaiknya gunakan lampu pijar, bukan neon.
  2. Lampu harus sepenuhnya tertuju ke buku yang sedang dibaca, bukannya ke wajah.
  3. Posisi membaca yang paling baik adalah duduk. Usahakan duduk dengan rileks di kursi yang nyaman.
  4. Jarak mata dengan bacaan adalah 30 cm sampai 40 cm, atau dua kali lebar telapak tangan yang direntangkan.
  5. Jangan terlalu asyik. Jika mata sudah capek, istirahat sebentar untuk melemaskan otot-otot mata.