Tips Agar Marmer Selalu Berkilau

 Tips Agar Marmer Selalu Berkilau

BIBLIOTIKA - Marmer sering digunakan sebagai bahan lantai, dinding, atau juga menjadi alas meja. Ada marmer produksi luar negeri, juga ada yang buatan dalam negeri. Secara garis besar mutu keduanya bisa dikatakan sama. Yang membedakan biasanya hanya teknik pemotongannya, warna marmer, juga bahan baku pembuatannya. Tentu saja batu cadas (bahan baku marmer) yang semakin tua akan menjadikan marmer semakin baik kualitasnya.

Orang menyukai marmer, entah untuk lantai ataupun dinding, biasanya karena marmer mampu memberikan kesan megah, kuno, dan juga agung. Selain itu, marmer juga memberikan kesan suasana ruangan yang adem. Tapi tentu saja semua kesan yang indah itu juga bergantung pada marmernya. Kalau marmernya nampak kusam dan terawat, tentu saja kesan yang diinginkan itu pun jadi tak terlihat.

Nah, yang perlu Anda ketahui adalah; marmer adalah sesuatu yang sensitif terhadap perubahan cuaca, bahan kimia, ataupun cairan lain yang tak alami. Karenanya, untuk menjaga agar marmer di rumah Anda selalu nampak berkilau, jauhkan dari sengatan matahari secara langsung, ataupun hujan. Panas matahari dan curah hujan secara langsung akan menjadikan marmer cepat kusam.

Selain itu, jangan mencuci atau membersihkan marmer dengan cairan pencuci atau semacamnya. Apabila kotor, gunakan saja air biasa untuk membasuh dan mencucinya, setelah sebelumnya dilap terlebih dulu. Rawatlah secara berkala agar marmer selalu nampak berkilau.