Tips agar Koneksi Internet Lebih Cepat

  Tips agar Koneksi Internet Lebih Cepat

BIBLIOTIKA - Satu hal yang paling membosankan ketika membuka suatu halaman web di internet adalah ketika waktu aksesnya terasa lama. Hal ini tentu akan menjadi penyebab membengkaknya biaya akses. Banyak faktor yang mempengaruhi koneksi online tersebut, di antaranya kualitas komputer yang digunakan, dan juga ISP (Internet Service Provider) yang dipakai.

Ada beberapa tips yang dapat digunakan untuk membantu kecepatan koneksi internet. Anda yang suka berselancar di internet bisa memanfaatkan tips-tips berikut jika menghadapi masalah koneksi internet yang lambat.

Gunakan jalur High Speed

Jika surfing merupakan suatu hobi dan membutuhkan waktu yang lama, maka sudah saatnya untuk memilih koneksi dengan kecepatan yang tinggi. Yakni bukan dengan menggunakan koneksi dial-up telepon biasa, melainkan dengan menggunakan ADSL (Asynchronous Digital Subscriber Line) atau layanan satelit.

Gunakan modem yang berkualitas

Koneksi broadband mungkin dapat menjadi jawaban. Tetapi jika dial-up hanya sebagai jalan untuk akses internet, maka tidak ada jalan lain kecuali memilih modem yang baik dengan kecepatan tinggi.

Benahi perangkat keras Anda

Jika menggunakan dial-up atau koneksi kecepatan tinggi, lakukan download dan installah driver-driver terbaru. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah proses defragmentasi hard drive yang sebaiknya dilakukan secara berkala, karena kemampuan dan free disk space juga akan mempengaruhi performance pada saat browsing. Ada tiga tipe setting di Windows yang dapat dipergunakan untuk memperbaiki kecepatan koneksi, yaitu kecepatan port, setting FIFO, dan kecepatan dial. Untuk melakukannya, perhatikan instruksi berikut:
  1. Klik kanan My-Computer, dan pilih Properties dari pop-up Menu.
  2. Klik Hardware dan tombol Device Manager.
  3. Dobel klik modem pada list Device dan dobel klik modem yang ada.
  4. Pada kotak Modem Properties, pilihlah 115.200 dari maximum port speed.
  5. Klik OK.
  6. Kembali ke Device Manager.
  7. Dari list device, dobel klik port dan lokasi port tempat modem terpasang, kemudian dobel klik.
  8. Klik port Setting dan isi bits per-seconds rate menjadi 115.200.
  9. Klik OK.

Pilihlah Internet Service Provider (ISP) yang baik

Tidak semua ISP memberikan layanan yang sama. Ada yang memberikan layanan dengan koneksi lambat, sinyal tidak stabil, dan sebagainya. Sebagai sebuah langkah antisipasi, sebaiknya mencari informasi sedetail mungkin tentang suatu ISP jika Anda akan memilih sebagai partner untuk koneksi internet.

Cek setting browser

Ada beberapa setting pada browser yang dapat menyebabkan koneksi dan aktivitas browsing menjadi lambat. Karena itu, ada baiknya dilakukan check up terhadap browser yang digunakan.