Tips Agar Gir dan Knalpot Lebih Tahan Lama

Tips Agar Gir dan Knalpot Lebih Tahan Lama

BIBLIOTIKA - Kita tentunya menginginkan motor yang kita kendarai senantiasa awet dan tidak mudah rusak. Untuk hal itu, kita pun harus rajin merawatnya dan pintar-pintar menjaganya. Salah satu yang perlu diperhatikan adalah kesehatan rantai dan gir. Seringkali perangkat itu sudah harus diganti padahal kita sudah menggantinya beberapa bulan yang lalu saja.

Kalau kita biasa memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi, maka gir pada motor pun biasanya akan cepat aus. Nah, agar gir motor bisa awet terus, pakai saja cara berikut:

Lepaskan gir, lalu panaskan dengan api sampai membara. Kemudian celupkan gir yang telah panas membara itu ke dalam air. Tunggu beberapa saat, lalu pasang lagi pada tempatnya.

Kalau cara itu dilakukan secara teratur dan berkala, dijamin gir motor pun akan awet terus.


Agar knalpot lebih tahan lama

Knalpot adalah salah satu bagian vital dari sepeda motor. Knalpot yang baik biasanya akan membuat suara motor menjadi halus. Sedangkan knalpot yang sudah rusak sebaliknya. Suara motor pun menjadi keras dan kasar, sementara asap pembuangan mengepul tak karuan. Susahnya, terkadang knalpot motor kita begitu cepat aus dan rusak.

Bagaimana solusinya? Ini adalah salah satu tipsnya.

Agar knalpot motor menjadi lebih awet, copotlah knalpot terlebih dulu, kemudian basahilah bagian dalam knalpot tersebut dengan oli bekas sampai seluruh permukaan bagian dalamnya terliput oleh oli.

Nah, dengan cara yang mudah tersebut, Anda pun akan mendapati knalpot motor Anda bisa lebih awet dua kali lipat. Dan agar tetap terus awet, biasakan mempraktekkan tips tersebut, setidaknya setahun sekali.