Tips agar Dapur Menjadi Cantik dan Nyaman

 Tips agar Dapur Menjadi Cantik dan Nyaman

BIBLIOTIKA - Seringkali, dapur merupakan daerah atau bagian rumah yang paling kotor. Maklum saja, karena di dapur inilah kegiatan masak memasak dilangsungkan setiap hari, dan api kompor sampai asap makanan biasa memapari sekitar dapur. Tetapi, meski begitu, bukan berarti dapur tidak bisa ditata lagi dengan indah.

Jika Anda ingin mengubah dapur rumah Anda agar menjadi cantik seperti semula, atau ingin menyulapnya menjadi ruangan yang lebih cantik, Anda bisa menggunakan langkah-langkah mudah tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Berikut ini tips yang bisa Anda ikuti:

Anda tidak perlu membeli lemari baru atau perabotan baru untuk dapur Anda. Hal penting untuk menyulap dapur menjadi cantik adalah cat ruangan yang bersih dan warna yang segar. Karenanya, jika dinding dapur Anda sudah kusam, perbarui saja catnya dengan warna yang baru dan yang lebih segar atau lebih cerah.

Jika Anda ingin suasana yang lebih segar lagi di dapur Anda, Anda bisa mengganti berbagai hiasan. Misalnya, gorden yang mulai kusam bisa diganti dengan warna yang cerah, detail yang menjadikan ruangan indah pun bisa dipasang, semisal taplak untuk meja makan atau berbagai hiasan yang menempel di salah satu dinding dapur.

Buatlah agar serasi antara piring, lap meja, taplak meja, dan lainnya, sehingga orang akan melihat ke bagian meja makan itu, dibandingkan ke sisi ruangan lain yang dipenuhi kompor dan alat-alat masak.

Sebenarnya, dapur bisa seperti ruangan lainnya, yaitu bisa tampil lebih menarik dengan penempatan lampu hias. Karenanya, letakkan saja lampu hias di salah satu meja kecil, yang juga menjadi tempat menyimpan toples atau barang lainnya.

Dapur juga bisa jadi terlihat segar dengan penempatan berbagai jenis tanaman. Namun, jangan dalam ukuran yang besar. Jika Anda ingin meletakkan tanaman di dapur, cukup pilih yang kecil, yang bisa ditaruh atau digantung di dekat jendela, atau ditempatkan di meja makan, atau di atas lemari es. Dapur pun akan jadi terasa lebih hidup.

Jangan menempatkan kompor, lemari es dan perabotan dapur lainnya dalam satu pojok yang sama, sehingga terlihat ada satu sisi yang padat. Sebaiknya, pisahkan penempatannya di pojok yang berbeda-beda.

Bila ingin menciptakan suasana yang sedikit berbeda di sekiar meja makan, Anda bisa menaruh karpet. Tetapi jangan menggunakan karpet yang memiliki warna-warna pucat. Gunakan saja warna-warna yang terkesan segar atau cerah, sehingga tidak menimbulkan kesan menambah sesak ruangan.