Semua yang Perlu Anda Tahu Seputar Feng Shui Rumah (1)

Semua yang Perlu Anda Tahu Seputar Feng Shui Rumah

BIBLIOTIKA - Feng shui adalah salah satu pengetahuan berusia tua yang diwariskan bangsa Cina. Dipercaya bahwa feng shui dapat membantu kehidupan seseorang yang benar-benar memperhatikannya. Fungsi dari feng shui adalah penyelarasan atau menyelaraskan. Begitu pula feng shui yang menyangkut rumah.

Rumah yang dibangun dan didesain sesuai dengan anjuran feng shui, diharapkan dapat menjadi rumah yang aman, nyaman, serta selalu dalam keadaan “sehat wal afiat” berserta segala yang ada di dalamnya. Tentu saja ini kembali pada soal kepercayaan—dan Anda boleh percaya, juga boleh mengabaikannya.

Hanya saja, kalau Anda kebetulan ingin menyelaraskan bangunan dan desain rumah Anda sesuai dengan ajaran feng shui, berikut ini tips-tips yang bisa Anda ikuti.

Feng shui seputar rumah

Feng shui mengajarkan bahwa rumah yang ‘selaras’ adalah rumah yang memiliki bukit yang tinggi di belakang rumah, serta dua bukit kecil di depan rumah, halaman yang cukup luas, serta ada air di bagian depan rumah (entah kolam ikan, pancuran di taman, dan lain-lain).

Pintu depan dan belakang rumah sebaiknya tidak sejajar, agar energi chi yang memberikan keberuntungan pada Anda sekeluarga tidak langsung keluar.

Bangunan rumah Anda, sebaiknya tidak berlokasi pada posisi tusuk sate, atau di ujung dua jalan yang saling berhubungan membentuk huruf ‘T’, atau tidak berada di tengah pertemuan tiga jalan yang membentuk huruf ‘Y’.

Fondasi bangunan rumah Anda sebaiknya berbentuk kotak atau bujur sangkar yang menggambarkan keseimbangan. Selain itu, hindari garis-garis yang semrawut atau tidak beraturan.

Apabila ada elemen air, semisal sungai atau danau di sekitar rumah Anda, pastikan aliran airnya lambat dan berada di depan lokasi rumah Anda. Hal ini adalah simbol kekayaan yang akan datang menghampiri hidup Anda. Sedang jika aliran air yang ada tersebut berada di bagian belakang rumah, maka berarti kekayaan akan mengalir menjauhi hidup Anda.

Bagian depan dan samping pintu masuk utama dari rumah sebaiknya tidak terhalang, sehingga aliran chi dapat masuk dengan lancar.

Tempat tidur atau kamar tidur utama harus berada di belakang garis pusat horisontal rumah, dan ini berfungsi sebagai kekuatan, dukungan, sekaligus proteksi.

Seluruh pintu dan semua jendela rumah sebaiknya sering terbuka secara bebas, meskipun Anda menggunakannya atau tidak.

Hindari properti atau bangunan yang berdekatan dengan menara pembangkit listrik, gereja, sekolah, kantor pemerintah, ataupun gedung institusi lain, semisal rumah sakit, komplek pemakaman, dan lainnya.

Hindari membangun kamar mandi atau toilet di dekat atau di dalam pintu masuk utama, yang terlihat ketika Anda masuk rumah. Juga hindari membangun kamar mandi di lantai dua, yang langsung di atas pintu masuk utama. Posisi seperti itu dapat mengakibatkan kesialan atau malapetaka besar.

Prinsip-prinsip feng shui yang baik mengisyaratkan bangunan rumah yang dibuat atau didesain dengan arsitektur sesuai ekologi, topografi, serta konservasi yang memungkinkan udara bersih dan sirkulasi udara dapat mengalir dengan baik serta lancar.

Baca lanjutannya: Semua yang Perlu Anda Tahu Seputar Feng Shui Rumah (2)