Panduan Untuk Pemakai Motor Baru

Panduan Untuk Pemakai Motor Baru

BIBLIOTIKA - Ini bukan tips untuk pengguna kendaraan roda dua yang sudah puluhan tahun, tetapi untuk mereka yang baru punya motor. Meski demikian, tips ini bisa dijadikan sebagai penyegar dalam merawat mesin motor. Berikut yang perlu diketahui oleh pemilik baru kendaraan roda dua:

Dalam masa pemakaian awal atau sering dikenal dengan istilah inridjen, boleh berkecepatan tinggi dan berboncengan asal tidak berlebihan. Sepeda motor  Honda dengan sistem 4 langkah, misalnya, dirancang dan dibuat dengan teknologi tinggi, tidak seperti motor-motor jaman dulu. Kalau motor-motor 2 langkah memang harus lebih hati-hati dalam masa ini, karena sistem pelumasannya berbeda dengan motor 4 langkah.

Kebanyakan pengguna motor memanaskan mesin pada pagi hari di tempat dalam waktu yang terlalu lama. Yang seperti itu tidak perlu. Karena bisa-bisa knalpot menjadi kuning akibat pendinginan yang kurang. Ingat bahwa pendinginan mesin sepeda motor adalah dengan udara yang mengalir karena kendaraan bergerak. Karenanya, memanaskan mesin cukup 1 sampai 2 menit saja.

Sewaktu menstarter, banyak orang melakukannya dengan gas yang dibuka terlalu besar. Yang begitu juga tidak perlu. Hal itu malahan membuat mesin menjadi susah hidup, karena campuran menjadi miskin (udara banyak, bensin sedikit). Padahal untuk start dibutuhkan campuran yang kaya, jadi gas mesti ditutup.

Menekan tombol elektrik starter terus-menerus atau terlalu lama juga tidak benar. Yang betul berhenti dulu sekitar 5 detik. Tiap kali menekan tombol starter baru diulang kembali. Hal ini disebabkan aki harus diberi waktu ‘istirahat’ sebelum kerja berikutnya. Dianjurkan apabila setelah 3 sampai 4 kali penekanan tombol mesin belum juga hidup, sebaiknya hidupkan saja starter mesin dengan kick starter atau starter kaki.

Tidak pernah menggunakan elektrik starter karena takut aki cepat rusak? Anggapan ini juga tidak benar. Sebab elektrik starter dilengkapi untuk mempermudah menstarter kendaraan. Apabila penggunaannya benar, kita tidak perlu takut, karena kapasitas aki telah dirancang cukup untuk penggunaan ini. Justru kalau tidak pernah dipakai, kemungkinan elektrik starter akan menjadi macet.