Panduan Merawat Rem Kendaraan

Panduan Merawat Rem Kendaraan

BIBLIOTIKA - Sehebat, secanggih dan semahal apapun mobil Anda, rasanya Anda pasti akan ngeri dan tidak nyaman mengendarainya kalau remnya tidak berfungsi dengan baik, bukan?

Meskipun kadang piranti ini tidak terlalu dipedulikan, namun rem kendaraan adalah sesuatu yang vital dalam berkendara. Karenanya, usahakan selalu agar rem kendaraan Anda selalu dalam kondisi baik agar Anda bisa nyaman selama berkendara di jalan raya.

Tidak sulit melakukan perawatan terhadap rem kendaraan ini, asal Anda mau melakukannya. Alat yang dibutuhkan juga cukup dongkrak, kunci roda, kunci pas, obeng, dan mur ukuran 12 milimeter, serta ampelas dan gemuk ampelas. Berikut ini adalah tips dan intruksinya:

Pertama-tama, lepaskan dulu roda mobil bagian depan, lalu lepaskan baut pemegang kaliper bagian bawah rem depan, yang ada di sisi dalam sebelah as roda, dengan menggunakan kunci ring atau pas berukuran 12 milimeter.

Lepaskan kaliper dari cakramnya dengan cara menarik bagian bawahnya dan kemudian mengangkatnya ke atas. Tidak perlu takut kaliper akan copot atau lepas, karena masih ada baut pemegang atasnya.

Cek bagian seal karet penahan debu piston rem. Biasanya komponen ini pecah atau tersobek sehingga minyak rem merembes keluar. Apabila hal tersebut dibiarkan, maka kotoran akan masuk dan piston akan menjadi macet. Segera ganti dengan yang baru apabila memang ada kerusakan.

Lepaskan kedua kampas rem yang menjepit cakram. Apabila terlalu sulit, gunakan ujung obeng sebagai alat pencungkil.

Bersihkan permukaan kampas dengan menggunakan ampelas sampai bersih dari sisa debu dan kotoran yang mungkin menempelinya. Apabila kampas sudah terlalu tipis, ganti saja dengan yang baru.

Sekarang giliran rem roda belakang. Caranya seperti tadi, yakni dengan melepas roda bagian belakang terlebih dulu, lalu carilah sekrup pemegang tutup tromol dengan menggunakan obeng. Apabila terlalu sulit, gunakan saja obeng ketok.

Siapkan mur dengan ukuran yang sesuai dengan lubang pencungkil di tutup tromol. Biasanya ini berukuran 12 milimeter.

Pasanglah mur ke lubang yang telah disediakan, dan putarlah dengan menggunakan kunci. Lakukan hingga tutup tromol tercungkil keluar dari dudukannya.

Lepaskan tutup tromol dengan cara menariknya dengan menggunakan telapak tangan.

Periksa seal karet penahan debu piston rem. Letaknya ada di bagian atas dan terdiri dari dua bagian. Apabila sudah pecah atau rusak, segera ganti dengan yang baru.

Bersihkan permukaan sepatu rem dengan menggunakan ampelas. Periksa juga kondisi keausannya. Apabila sudah tipis, ganti dengan yang baru.

Bersihkan sisa debu yang bersarang di bagian tromol dengan menggunakan angin kompresor. Pastikan debu serpihan sepatu rem ini hilang agar tidak mengganggu mekanisme pergerakan rem.

Sebelum memasang tutup tromol ke dudukannya semula, periksalah keausan bagian dalamnya. Pastikan tidak ada goresan yang dalam.