Panduan Merawat Perhiasan Perak, Mutiara, dan Berlian

 Panduan Merawat Perhiasan Perak, Mutiara, dan Berlian

BIBLIOTIKA - Anda penyuka perhiasan perak? Tidak seperti emas yang cukup mudah dalam perawatannya, perhiasan perak perlu diperlakukan dan dirawat secara hati-hati. Namun, jika pandai merawatnya, perak yang kualitasnya bagus bisa menjadi investasi layaknya perhiasan berharga lainnya. Perhiasan perak bisa dirawat dan dibersihkan sendiri dengan cara yang sederhana. Berikut ini kiat-kiatnya:

Untuk merawat dan membersihkan perak di rumah, gunakan pasta gigi (bukan gel). Gosoklah bagian yang sudah kusam dengan pasta gigi dan bersihkan dengan kain yang terbuat dari bahan lembut. Kaus yang sudah usang adalah kain terbaik untuk membersihkan bagian yang sudah kusam pada perhiasan perak Anda. Jangan gunakan tisu atau handuk karena akan menggores perhiasan. Untuk membersihkan bagian yang tersembunyi dan kecil, gunakan sikat gigi usang yang bulu sikatnya telah melunak. Keringkan dengan kain dan tak perlu dibilas dengan air.

Rawat perhiasan perak Anda dengan meletakkannya di kotak tertutup dengan alas kain lembut atau kapas. Pisahkan dengan perhiasan lainnya, terutama yang terbuat dari bahan imitasi karena akan mempengaruhi warna dan kilau perak.

Perak juga akan mudah rusak jika terlalu sering kena keringat. Tidak seperti emas yang tak perlu dilepas pada setiap kesempatan, perhiasan perak Anda sebaiknya diistirahatkan atau dilepaskan jika tak diperlukan.

Sebaiknya perak juga jangan sering terkena air dan sabun saat Anda mandi. Selain itu, perak juga tidak tahan dengan alkohol dan parfum. Karenanya, jika hendak menyemprotkan parfum beralkohol di pergelangan tangan, yakinkan bahwa sisanya sudah menguap sebelum Anda mengenakan gelang perak. Begitu juga jika hendak menyemprotkannya di sekitar telinga dan leher tempat perhiasan perak Anda dipakai.

Untuk perak bakar, meski warnanya lebih kusam, adalah perak dengan kualitas terbaik. Perak ini tak mudah berubah bentuknya dan warnanya juga bertahan lebih lama. Karena itu pula harganya lebih mahal.


Tips agar mutiara selalu berkilau

Perhiasan mutiara Anda sudah hilang atau pudar kemilaunya? Mutiara yang kusam menjadi tampak jelek dan tak menarik lagi. Namun Anda tak perlu khawatir karena ada resep yang bisa digunakan untuk mengembalikan kemilau mutiara itu.

Caranya, ambillah sepotong kain linen, lalu taburilah dengan garam. Letakkan mutiara Anda pada kain linen tersebut. Bungkuslah dan rendam dalam air yang hangat-hangat kuku, sampai garamnya larut. Setelah itu, keringkanlah, tapi jangan sampai terkena sinar matahari. Kemudian lihatlah hasilnya, mutiara Anda kembali berkemilau cemerlang.


Tips agar berlian selalu bercahaya

Karena dipakai atau disimpan terlalu lama, berlian yang Anda miliki terkadang menjadi suram dan tak lagi bercahaya. Ada tips yang bisa dipakai agar berlian milik Anda tersebut kembali mengkilap dan tetap bercahaya.

Gosoklah berlian Anda dengan memakai abu gosok. Gosoklah secara perlahan-lahan dengan jari Anda. Setelah itu, gosok sekali lagi dengan kain yang lembut. Hasilnya bisa Anda lihat sendiri. Berlian yang telah kusam akan kembali cemerlang.