Panduan Merawat dan Memilih Motif Dasi

 Panduan Merawat dan Memilih Motif Dasi

BIBLIOTIKA - Dasi adalah bagian dari aksesori penting dalam perlengkapan busana pria, karenanya perlu dirawat dengan baik. Perawatan yang baik biasanya dimulai saat dasi dilepaskan. Meski terasa lebih nyaman jika hanya menarik ujung dasi yang kecil dari ikatannya, cara ini justru akan cepat merusak dasi. Cara yang paling baik adalah dengan melepas simpul dasi satu persatu. Cara ini akan menjaga tekstur, kelenturan, dan jahitan dasi.

Setelah dasi dilepas, satukan ujungnya dan gulung dengan jemari Anda. Lepaskan gulungan dari jemari Anda dan biarkan tergulung sampai keesokan harinya. Pada keesokan harinya, dasi sutera bisa digantungkan di lemari.

Dasi yang dirajut sebaiknya disimpan dengan cara digulung menghampar dan ditempatkan di laci. Tekstur rajutan akan merenggang dan dasi akan berubah bentuk jika digantung.

Dasi juga sebaiknya tak dicuci dry clean. Meski pencucian dengan dry clean bisa menghilangkan noda pada dasi, mesin dry clean bisa mengerutkan dasi dan menghilangkan kilau bahan sutera.

Noda bercak pada dasi bisa dihilangkan dengan menggosoknya dengan bahan yang sama. Gunakan saja bagian belakang dasi. Noda yang lebih berat bisa dihilangkan dengan penghilang noda, seperti karbon tetraklorida. Dengan perawatan yang baik, dasi Anda akan tahan lebih lama.


Panduan memilih motif dasi

Pilihan motif dasi kebanyakan bergantung pada kepribadian, kesukaan masing-masing orang, dan kesempatan. Motif klasik seperti garis-garis dan ornamen kecil-kecil menjadi pilihan banyak orang dari masa ke masa.

Namun, belakangan, makin banyak orang yang menggemari dasi bermotif berani dan berwarna mencolok. Ada motif kartun dengan gambar lucu, polka dot dengan warna menantang, atau dasi bermotif sportif seperti mobil balap, kuda pacuan, hingga stik golf. 

Berikut ini adalah pilihan dasi sesuai dengan kepribadian dan pilihan cara atau kesempatan yang akan Anda hadiri.

Motif klasik:

Dasi ini bermotif garis-garis halus dan kecil, melintasi dasi, vertikal dan horisontal. Warnanya berkisar antara warna mapan seperti perpaduan cokelat tua, biru tua, cokelat kemerahan, dan juga hitam. Motif dengan ornamen kecil seperti bulatan polka dot, kotak-kotak, elips, gambar binatang seperti kupu-kupu, kumbang, juga menjadi pilihan orang sepanjang masa.

Motif sportif:

Dasi bermotif sportif biasanya bermotif olahraga atau hal-hal yang berhubungan dengan pria. Misalnya, motif ladam kuda, stik dan bola golf, bola kaki, mobil balap, rokok, botol sampanye, kacamata, hingga komputer. Motif ini cocok untuk mereka yang sering beraktivitas di luar dan pekerjaan yang berhubungan dengan hal-hal kreatif.

Motif unik dan lucu:

Dasi motif ini biasanya bergambar kartun terkenal, seperti Mickey Mouse, Donal Bebek, dan Pooh. Motif retro dengan warna mencolok juga bisa menjadi pilihan bagi yang menyukai gaya unik. Dasi bermotif unik dan lucu ini cocok dikenakan orang yang menyukai gaya eksentrik, berjiwa muda, dan ekspresif. Meski tak cocok dikenakan untuk kesempatan sangat resmi, toh tak sedikit yang nekat memakainya dengan jas lengkap.