Panduan Memilih Warna Ruangan Dalam Rumah

 Panduan Memilih Warna Ruangan Dalam Rumah

BIBLIOTIKA - Salah satu faktor yang sangat penting dalam interior rumah adalah pemilihan cat atau pewarnaan dinding. Apalagi untuk ruangan khusus, semisal ruang kerja atau ruang kamar, pemilihan warna sering kali merupakan sesuatu yang sangat penting, karena biasanya akan ikut mempengaruhi emosi. Karenanya, salah memilih cat atau warna dinding untuk ruangan bisa menjadikan orang tidak betah berada di dalamnya.

Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda ikuti dalam hal memilih warna untuk ruangan dalam rumah Anda:

Berdasarkan pada riset yang telah banyak dilakukan, warna di sekeliling kita akan ikut mempengaruhi emosi kita. Warna pada sebuah ruangan akan memiliki potensi dalam mempengaruhi keputusan seseorang. Misalnya, yang semula ragu-ragu bisa jadi yakin, atau sebaliknya.

Warna ruangan juga dapat menimbulkan efek pada mood seseorang. Riset juga telah membuktikan bahwa emosi bisa meningkat atau menurun karena dipengaruhi oleh penggunaan warna di sekelilingnya. Contoh sederhananya adalah warna putih yang biasa digunakan rumah sakit. Rumah sakit menggunakan warna putih, karena warna itu dipercayai lebih bagus dalam menumbuhkan emosi yang positif, dibanding warna hitam, misalnya.

Jika Anda berencana menggunakan warna merah untuk ruangan rumah Anda, ada hal yang perlu diingat dengan warna yang satu ini. Warna merah adalah warna yang “membangkitkan”. Warna ini erat kaitannya dengan darah, namun juga dikenal sebagai simbol kekuatan yang menggugah emosi. Seperti halnya matador yang memancing kemarahan banteng dengan warna merah.

Warna merah muda, atau biasa disebut pink, merupakan bentuk lain dari merah, namun pengaruhnya tidak setinggi warna merah darah pada emosi seseorang. Warna ini sering kali dihubungkan dengan kualitas innocent, dan sering juga digunakan untuk kalangan anak-anak, terutama anak perempuan. Karenanya, akan sangat bagus kalau Anda menggunakan warna semacam ini untuk kamar putri Anda.

Kemudian, jika Anda ingin menggunakan warna putih untuk rumah Anda, warna ini bisa dipilih jika Anda memang menginginkan kesan bersih atau steril untuk rumah Anda. Selain menampakkan kesan bersih, warna putih juga rentan kotor. Sesedikit apa pun kotoran yang menempelinya, kotoran itu akan langsung terlihat. Karenanya, rumah sakit menggunakan warna putih dengan tujuan tersebut, yakni untuk menjamin semua ruangan dan barang yang ada di dalamnya benar-benar bersih.

Di dalam mewarnai ruang tidur Anda, salah satu hal yang perlu dipikirkan adalah apa arti ruangan tersebut dan seluruh isinya bagi Anda. Misalnya, jika Anda memang menginginkan bisa merasa nyaman ketika masuk ke dalam ruangan tersebut, sebaiknya pilihlah warna-warna yang menenteramkan.

Jika Anda ingin mendekorasi ruang paling atas dengan desain ceria untuk arena bermain anak, Anda bisa mempertimbangkan warna-warni yang natural. Bisa juga memadukan warna hitam dan putih, untuk menciptakan kesan ruangan yang tenang dan rapi.

Anda bisa mempertimbangkan warna sebagai aksen. Misalnya, bila dinding rumah Anda berwarna cokelat muda, maka Anda bisa menyesuaikan meubel kayu yang klasik. Warnanya juga harus dipertimbangkan dari sudut emosional, serta peranannya dalam tren.

Terakhir, yang juga perlu diingat dalam pewarnaan ruangan adalah, warna merupakan pertimbangan utama dalam soal dekorasi. Sebaiknya, warna harus dipikirkan agar mudah untuk dipadukan dengan meubel, terutama warna dinding yang menjadi basis dari penggunaan warna di seluruh ruangan.