Panduan Cerdas dan Penting Seputar Password

 Panduan Cerdas dan Penting Seputar Password

BIBLIOTIKA - Password atau kata kunci atau disebut pula kata sandi, adalah sesuatu yang amat vital, karena selalu dibutuhkan serta digunakan orang dalam aktivitas berinternet. Membuka e-mail, misalnya, membutuhkan password atau kata kunci. Begitu pula ketika ingin login ke dashboard blog atau situs milik sendiri, atau ke Facebook dan Friendster, password juga dibutuhkan.

Di dalam kehidupan nyata (di luar internet atau dunia maya), kita juga membutuhkan password untuk berbagai keperluan. Dari berurusan dengan mesin ATM ketika akan melakukan transaksi perbankan, sampai pada hal-hal lain yang membutuhkan kata kunci yang sama.

Yang menjadi masalah, password juga sering menjadi biang keladi kejahatan, yang menjadikan seseorang menjadi korbannya. Karena penggunaan password yang bisa mudah ditebak, ada kalanya seseorang menjadi korban kejahatan karena ada orang lain yang menggunakan password-nya.

Studi terbaru yang dilakukan oleh sebuah lembaga bernama CPP di Inggris menyebutkan bahwa sangat banyak orang yang menggunakan password yang mudah ditebak, seperti tanggal lahir, nama hewan kesayangan, dan lain-lain. Karena hal inilah yang kemudian menyebabkan sebanyak 46 persen pengguna internet berisiko menjadi korban kejahatan internet, karena menggunakan password yang sama untuk semua situs yang diaksesnya.

Para pengguna internet tersebut tidak menyadari bahwa mereka tengah diintai oleh para pelaku kejahatan internet. Mereka bisa saja melancarkan serangan pishing atau smishing atau menginjeksi virus jahat, dan melakukan berbagai upaya untuk mendapatkan detail account bank, nomor PIN, atau password.

Hasil riset yang melibatkan 1.661 orang di Inggris menyebutkan, bahwa sebanyak 46 persen pengguna internet menggunakan password yang sama untuk melakukan login pada account bank, shopping online, dan ketika masuk ke situs jejaring sosial. Sementara itu, sisanya yang sebanyak 54 persen mengaku menggunakan variasi dari password yang sama. Rata-rata dari mereka biasanya mengunjungi 23 situs yang berbeda dalam setiap bulannya.

Yang lebih mengkhawatirkan lagi, sebanyak 40 persen pengguna internet memberitahukan password yang mereka gunakan pada orang lain, setidaknya pada satu orang yang bisa jadi masih anggota keluarga, teman, atau pacar.

Berdasarkan kenyataan di atas, maka urusan password dalam kehidupan atau aktivitas di dunia maya benar-benar menjadi sangat riskan. Karena, begitu satu orang mengetahui sebuah password yang Anda gunakan, maka dia akan dapat mengakses seluruh account yang Anda miliki di internet (e-mail sampai rekening bank).

Berdasarkan riset pula, diketahui bahwa para pengguna internet kebanyakan menggunakan password yang sama, karena mungkin dianggap sebagai bentuk yang mudah diingat. Tetapi hal ini malah memudahkan orang untuk menebak password yang digunakan, sehingga mudah pula untuk kemudian dijebol dan disalahgunakan.

Berikut ini adalah sepuluh daftar password yang paling banyak digunakan oleh para pengguna internet, yang sebaiknya tidak Anda gunakan sama sekali sebagai password Anda:
  1. Password
  2. 123456
  3. qwerty
  4. abc123
  5. letmein
  6. monkey
  7. myspace 1
  8. password 1
  9. blink182
  10. nama diri

Lalu bagaimana cara membuat password yang relatif aman, dalam arti sulit ditebak apalagi sampai dijebol orang lain? Hal ini memang relatif, tetapi tips berikut ini dapat Anda gunakan untuk menjauhkan password Anda dari kemungkinan disalahgunakan orang lain, karena bentuknya yang cukup rumit:

Gunakan password yang menggunakan benda atau kegiatan favorit Anda, misalnya buah kesukaan atau hobi, yang dipadukan dengan angka dan karakter spesial. Kalau misalnya Anda menyukai jeruk, maka Anda bisa menggunakan password “j3ruk”, atau yang lainnya. Intinya, gabungkan angka dan huruf dalam password Anda, yang rumit, tetapi masih mudah Anda ingat.

Gunakan syair puisi atau lagu favorit Anda, lalu kreasikan syair atau lirik lagu tersebut dalam deretan angka dan huruf yang mudah Anda ingat. Misalnya, lirik lagu “cintaku padamu” bisa Anda ubah menjadi “cint4ku p4d4mu”.

Akan lebih baik jika dalam setiap kata kunci yang Anda buat menggunakan lebih dari 6 karakter dan penggabungan dari huruf (besar dan kecil), angka, dan karakter spesial (&, *, %, ^).

Jangan gunakan kata kunci yang mengandung data pribadi Anda, misalnya nama depan / belakang, umur, zodiak, nama istri / suami, nama ID (user name), dan semacamnya.

Semakin panjang kata kunci dan perpaduan dengan berbagai karakter (huruf, angka dan karakter spesial) maka akan semakin sulit “ditembus”, tetapi jangan sampai Anda lupa password atau kata kunci tersebut.