Panduan Bila Lager Mobil Mulai Kendor

 Panduan Bila Lager Mobil Mulai Kendor

BIBLIOTIKA - Kerusakan lager pada roda memang mudah diatasi. Namun, teknik penggantian lager yang tidak tepat justru malah bisa mengakibatkan gangguan berkepanjangan pada kendaraan. Hal penting yang harus Anda perhatikan dalam teknik penggantian lager adalah:
  1. Tidak dibenarkan membuka penahan bearing / lager dengan menggunakan api las.
  2. Pembukaan lager dengan menggunakan api las akan mengakibatkan struktur metal as roda berubah. Kemungkinan besar hal ini akan membuat as roda jadi mudah patah.
  3. Untuk menghindarinya, sebaiknya Anda menipiskan penahan lager dengan gerinda. Setelah tipis, potong penahan lager itu dengan pahat, baru lepaskan dari as-nya.
  4. Bila ingin memasangnya kembali, maka panaskan penahan lager di dalam tungku yang berisi oli panas bersuhu 150 derajat Celcius.
  5. Pasang penahan lager secepatnya dengan menggunakan alat pres.
  6. Jika langkah-langkah pekerjaan ini terlalu berat bagi Anda, silakan bawa saja mobil Anda ke bengkel, namun dengan pengawasan.


Cara mengganti sokbreker

Kalau peredam kejut di mobil Anda sudah tidak optimal dan perlu diganti, Anda tak perlu pusing karena Anda bisa menggantinya dengan mudah meski letaknya berada di kolong. Untuk melakukannya, Anda hanya memerlukan peralatan lengkap seperti dongkrak yang dilengkapi jack-stand, serta kunci roda dan kunci pas atau ring ukuran 17 milimeter.

Nah, apabila sudah siap, berikut ini cara mudah mengganti sokbreker mobil Anda.
  1. Semprotkan cairan penetran pada mur sokbreker. Tunggu beberapa menit sampai meresap.
  2. Bukalah mur pengikat sokbreker yang ada di bagian atas dengan menggunakan kunci ring / pas 17 milimeter.
  3. Lepaskan mur pengikat sokbreker yang ada di bagian bawah dengan menggunakan kunci ring yang sama.
  4. Setelah kedua mur terlepas, cabutlah sisi sokbreker sebelah dalam hingga keluar. Untuk hal itu, gunakan obeng minus atau ujung kunci roda.
  5. Tarik sokbreker keluar, sambil digoyang-goyangkan apabila terasa agak berat atau seret. Kemudian lepaskan.
  6. Setelah itu, bersihkan dudukan sokbreker dengan cara disemprot menggunakan cairan penetran, lalu pasanglah sokbreker yang baru. Pasang sokbreker yang baru tersebut dengan cara berkebalikan dari cara membukanya tadi. Mudah, kan?