Oli dan Perawatan Mesin Mobil yang Perlu Anda Tahu

 Oli dan Perawatan Mesin Mobil yang Perlu Anda Tahu

BIBLIOTIKA - Bagi kendaraan bermotor, oli atau minyak pelumas mesin bisa diibaratkan dengan darah pada tubuh manusia. Begitu pentingnya, sampai-sampai tingkat kesehatan atau kondisi mesin kendaraan bisa diketahui hanya dengan melihat keadaan olinya.

Karena begitu pentingnya peranan minyak pelumas ini, sebaiknya cari tahu terlebih dulu spesifikasi minyak pelumas mesin macam apa yang dibutuhkan oleh kendaraan Anda sebelum Anda membeli oli untuk mengisinya. Jangan sampai mesin yang membutuhkan oli yang encer diisi dengan oli yang kental atau sebaliknya. Ini akan mengakibatkan mesin menjadi cepat rusak dalam waktu yang tak terlalu lama.

Cara untuk mengetahui spesifikasi ini adalah dengan membaca buku pegangan kendaraan atau manual book mobil. Apabila buku pegangan ini tidak ada, bisa ditanyakan langsung kepada bengkel resmi atau dealer kendaraan bersangkutan.

Selain itu, volume dan kualitas oli juga harus dijaga. Sebagaimana radiator, oli mesin juga memiliki fungsi pendinginan. Apabila oli kurang, maka piston dan dinding mesin akan beradu dan bergesekan secara langsung karena jumlah oli yang dibutuhkan berkurang atau daya pelumasannya sudah tidak maksimal.

Karena kesehatan mesin bergantung pula pada kesehatan oli, maka biasakan untuk mencermati keadaan oli kendaraan Anda. Segera tambahkan oli apabila telah berada di bawah garis ‘L’ pada deep stick. Batas toleransi volume adalah sampai pada ‘?’ dari garis ‘F’.

Sambil memeriksa volume oli kendaraan Anda, jangan lupa pula untuk memperhatikan kualitasnya. Apabila ditemukan tanda-tanda berikut di bawah ini, maka segera ganti oli kendaraan Anda, karena berikut ini adalah tanda-tanda oli yang sudah menurun kualitas daya pelumasnya:
  1. Berbau hangus atau terbakar.
  2. Berubah warna menjadi kehitaman.
  3. Berbusa.
  4. Berlumpur atau berubah seperti bubur.