Mengenal Seifukujutsu di Era Modern

 Mengenal Seifukujutsu di Era Modern

BIBLIOTIKA - Di dalam bahasa Jepang, seifukujutsu berarti penyesuaian atau pemulihan. Metode ini dikembangkan oleh Profesor Henry Seishiro Okazaki (1890 – 1951) yang memiliki klinik khusus pemulihan kesehatan bernama Nikko di daerah Hawaii.

Ilmu pengobatan seifukujutsu yang murni memang telah ada semenjak ribuan tahun yang lalu, namun Profesor Okazaki mengubahnya menjadi teknik pemulihan yang relatif lebih baru dan lebih modern, meski tidak meninggalkan ciri khasnya yang asli.

Ketika melakukan diagnosa terhadap pasien, kedua telapak tangan Profesor Okazaki yang sangat sensitif akan menjelajahi tubuh si pasien dengan lembut, mencoba membaca gangguan dan penyebab penyakit yang ada secara akurat. Kemudian, langkah selanjutnya adalah mengolesi permukaan kulit si pasien dengan minyak khusus yang diramu secara pribadi olehnya. Minyak ini terasa hangat dan segera meresap ke dalam pori-pori kulit untuk mempercepat reaksi pijatan.

Penggunaan minyak pijat ini pulalah yang membedakan teknik pemulihan kuno dengan seifukujutsu modern yang dimodifikasi oleh Profesor Okazaki. Komposisi minyak pijat hampir seluruhnya terbuat dari bahan alam seperti kamfer, zaitun, wintergren, ekaliptus, ataupun sedikit campuran alkohol isopropil.

Setelah itu, mulailah Profesor Okazaki memijat tubuh si pasien yang tidak lebih dari lima belas menit. Jarang sekali ia menghabiskan waktu lebih lama dari itu, dan hasilnya rata-rata memuaskan. Seifukujutsu menganggap pijatan yang terlalu lama lebih banyak bahayanya dibanding manfaatnya.

Seni pengobatan seifukujutsu ini juga mengedepankan kesembuhan melalui sugesti dan menggabungkannya dengan terapi fisik. Oleh karena itulah pasien dalam perawatan terapi ini akan merasakan atmosfer atau suasana yang berbeda selama menjalani perawatan, yaitu dirangsangnya semangat untuk sembuh dan panjang umur bagi para pasien dengan pendekatan tertentu.

Tujuan terapi seifukujutsu

Pijat seifukujutsu bukanlah pijat biasa. Setidaknya, ada dua hal yang membedakan pijat  seifukujutsu  dengan teknik pijat yang umum. Pertama, terapi seifukujutsu berusaha menyeimbangkan tubuh dengan cara membaca aliran energi dalam tubuh seseorang. Hal ini sebenarnya bisa dilakukan dengan teknik yang telah banyak dikenal, seperti misalnya shiatsu atau akupunktur.

Kedua, terapi seifukujutsu mengembangkan teknik bongkar-pasang. Artinya, pijat ini berusaha menemukan titik-titik rawannya untuk kemudian dibongkar dan disempurnakan. Pijat seifukujutsu berhubungan dengan jaringan lunak yang terletak jauh di dalam kulit, karenanya akan berdampak pada jaringan otot sehingga tubuh mengeluarkan asam lakto-karbonik.

Dengan dikeluarkannya zat tersebut, maka tubuh pun akan bereaksi untuk membangun kembali jaringannya yang lebih kuat setiap saat. Itulah mengapa hal ini dinamakan dengan tenik bongkar-pasang.