Mengenal Search Engine Google Lebih Dekat

Mengenal Search Engine Google Lebih Dekat

BIBLIOTIKA - Sebagai sebuah search engine, Google memang diandalkan oleh banyak pengguna internet dari berbagai belahan dunia. Ketika orang memerlukan mencari suatu data atau informasi tetrentu, maka Google akan menjadi rujukan. Karena kehandalannya, maka Google pun sampai mendapatkan “julukan penghormatan” semisal penyebutan “Mbah Google” atau “Paman Google”.

Nah, tahukah Anda, sebenarnya Google juga memberikan kesempatan bagi kita untuk mendapatkan hal-hal lain di luar data sebagaimana yang biasa kita lakukan selama ini. Apa saja fasilitas yang mungkin masih tersembunyi di dalam Google? Berikut ini di antaranya:

Pencarian berita dan headline berita terbaru

Melalui fitur pencarian ini, kita akan bisa mendapatkan dan membaca berita apa saja yang terbaru atau terkini, ataupun berita-berita dari berbagai sumber berita yang menyuguhkan berita-berita itu. Fitur ini dapat diakses di halaman http://news.google.com.

Kelebihan fitur ini adalah, kita dapat memperoleh link-link berita yang terkait di halaman depan, sehingga kita dapat langsung menelusuri suatu berita yang kita inginkan.

Pencarian image atau gambar

Google bisa juga digunakan untuk mencari gambar atau file-file image. Dengan fitur ini, maka Anda bisa mencari dan mendapatkan gambar apa pun yang ada di internet dengan menggunakan fasilitas Google. Untuk mengakses halaman ini, Anda bisa membuka alamat http://www.images.google.com.

Proses pencarian gambar atau image di dalam layanan ini tak jauh beda dengan proses pencarian data di Google Serach. Anda memasukkan suatu kata kunci tertentu yang berkaitan dengan gambar yang Anda cari, dan kemudian Google akan menyuguhkan gambar-gambar yang berhubungan dengan kata kunci Anda.

Pencarian artikel atau posting newsgroup

Di internet, ada banyak newsgroup yang dibangun dan diikuti oleh banyak orang dari berbagai dunia. Melalui newsgroup-newsgroup tersebut, orang saling bertanya dan saling menjawab atas suatu persoalan, sehingga pengetahuan yang ada di dalamnya akan sangat bermanfaat.

Hanya saja, proses pencarian biasa melalui search engine belum tentu dapat menemukan data-data yang ada di dalam newsgroup tersebut. Karenanya, jika Anda ingin bisa mengakses apa saja yang ada di dalam aktivitas newsgroup yang ada di internet, Anda bisa langsung menggunakan fitur Google yang secara khusus ditujukan untuk itu.

Melalui alamat http://www.groups.google.com, Anda bisa mencari artikel atau posting dari newsgroup-newsgroup di dunia. Pada newsgroup-newsgroup ini Anda akan dapat melihat pertanyaan dan jawaban yang ada dari newsgroup tertentu, di mana ada banyak sekali newsgroup di dunia dengan berbagai macam topik.

Pencarian informasi produk dan harga produk

Ketika Anda butuh berbelanja atau membeli suatu barang tertentu, misalnya laptop, maka Anda tentunya ingin mengetahui berapa harga laptop tertentu atau seri tertentu pada waktu sekarang ini. Nah, kalau Anda bingung mau bertanya kemana atau pada siapa, Anda bisa menanyakan hal itu pada Google.

Google akan memberikan penjelasan, keterangan sekaligus jawaban yang memuaskan atas pertanyaan Anda mengenai harga suatu barang tersebut, karena Google akan langsung merujuk Anda pada situs-situs yang menyediakan barang yang Anda cari, sehingga Anda akan langsung dapat melihat perbandingan atau takaran harganya.

Untuk mendapatkan akses ini, Anda bisa membuka halaman http:www.froogle.google.com.

Google toolbar

Ini merupakan tambahan layanan Google.com untuk memudahkan pencarian pada browser Anda, sehingga Anda tidak perlu menuju ke alamat Google.com dulu. Tambahan lain dari Google toolbar adalah kemampuannya dalam memblok iklan pop-up, serta pengisian form secara otomatis.

Google dalam berbagai bahasa

Selain menggunakan bahasa Inggris, Google juga menyediakan bahasa Indonesia, bahkan bahasa daerah, semisal bahasa Jawa. Jika Anda ingin mengakses Google dalam bahasa Jawa, Anda bisa masuk ke halaman http://www.google.com/intl/jw.

Di sini, Anda akan melihat situs google dalam bahasa Jawa, di mana button Google berubah menjadi: “Google nggolekki” dan “Kulo kroso bejo…” Mungkin Anda akan tersenyum-senyum saat melihatnya.

Layanan tanya jawab dan solusi

Tahukah Anda, Google juga dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan Anda. Jika Yahoo! memiliki Yahoo!Answer, maka Google memiliki GoogleAnswer. Untuk mengaksesnya, Anda bisa masuk ke halaman http://www.answers.google.com untuk mendapatkan jawaban dari berbagai permasalahan Anda.

Layanan penerjemahan

Salah satu fitur Google yang menarik adalah layanan penerjemahan. Layanan yang mirip kamus online ini dapat dimanfaatkan ketika kita menjumpai suatu kata atau kalimat tertentu yang ingin kita ketahui artinya dalam bahasa lain.

Fasilitas penerjemahan Google ini bahkan bisa digunakan untuk langsung menerjemahkan beberapa paragraf sekaligus, dan bisa untuk berbagai bahasa yang ada di dunia.