Mengenal Rahasia dan Anatomi Kuku

Mengenal Rahasia dan Anatomi Kuku

BIBLIOTIKA - Kuku manusia adalah bagian anatomi yang bisa dibilang istimewa. Memiliki ukuran yang tergolong kecil, tetapi memiliki fungsi yang besar. Fungsi utama kuku adalah untuk melindungi ujung jari yang lembut dan penuh urat syaraf, serta mempertinggi daya sentuh.

Kuku tumbuh dari sel yang mirip dengan gel lembut yang mati, mengeras, dan kemudian terbentuk ketika mulai tumbuh keluar dari ujung jari. Sementara kulit jari pada pangkal kuku berfungsi untuk melindungi dari kotoran.

Pada bagian kulit di bawah kuku terdapat banyak pembuluh kapiler yang memiliki suplai darah dalam ukuran kuat, dan karenanya hal itu menimbulkan warna kemerah-merahan. Sebagaimana tulang dan gigi, kuku merupakan bagian terkeras dari tubuh manusia, karena kandungan airnya sangat sedikit.

Pertumbuhan kuku jari tangan dalam satu minggu rata-rata adalah 0,5 sampai 1,5 milimeter—empat kali lebih cepat dibanding pertumbuhan jari kaki. Pertumbuhan kuku juga dipengaruhi oleh panas suhu tubuh.

Mengenali anatomi kuku

Setiap kuku sebenarnya terdiri atas beberapa bagian, yang kesemuanya memiliki peranan penting di dalam pertumbuhan dan kesehatan kuku. Berikut ini adalah bagian-bagian kuku.

Piringan kuku: Bagian ini adalah yang Anda lihat sebagai kuku jari.

Alas kuku: Bagian ini berada di bagian bawah piringan kuku, dan keduanya saling terkait. Pembuluh rambut pada alas kuku menyehatkan kuku, dan juga memberikan warna merah muda.

Matriks kuku: Bagian ini tidak banyak terlihat, tetapi bagian ini dapat dibilang sebagai bagian yang terpenting. Bagian ini berada di bawah kulit ari atau kutikula yang ada di dasar kuku, dan sel-sel di dalam matriks ini memproduksi kuku jari. Apabila matriks ini rusak, maka kuku Anda juga akan rusak atau mungkin akan berhenti tumbuh sama sekali.

Lunula: Bagian ini adalah bagian matriks kuku yang dapat dilihat. Bentuknya menyerupai bulan sabit berwarna putih, dan berada di bagian bawah kuku Anda.

Kulit ari: Ini adalah lipatan kulit yang terbuat dari sel mati, dan memiliki fungsi untuk menjauhkan benda asing seperti bakteri penyebab infeksi.

Lipatan kulit: Lipatan kulit adalah tonjolan kulit yang ada di sekitar kuku.

Melihat tanda penyakit lewat jari


Di negeri Cina, ada suatu tradisi ramalan yang menggunakan tangan untuk tujuan pengobatan. Teknik ini sudah lama terkenal dan dapat diandalkan, sehingga banyak orang yang kemudian menggunakannya. Seorang pakar ramalan ini biasanya akan menentukan jenis suatu penyakit melalui keadaan telapak tangan dan kuku jari.

Ramalan melalui telapak tangan ala Cina ini digunakan dengan tujuan untuk mengetahui kecenderungan kepada suatu penyakit tertentu, sementara diagnosis kuku jari mengungkap penyakit yang sedang diderita sekarang ini. Berikut ini beberapa di antaranya:
  1. Brokhitis: Penyakit ini ditandai dengan garis berwarna merah yang condong ke atas dari bagian atas radial rusuk kuku jari telunjuk.
  2. Kencing manis: Penyakit ini ditandai dengan adanya bintik bulat yang ada di bagian bawah radial rusuk kuku jari manis.
  3. Migrain: Penyakit ini ditandai dengan adanya garis merah yang condong ke arah atas dari bagian atas rusuk kuku ibu jari.
  4. Myopia atau rabun jauh: Penyakit ini ditandai dengan suatu bentuk menyerupai awan di bagian bawah radial rusuk kuku ibu jari.
  5. Gigi keropos: Penyakit ini ditandai dengan adanya garis merah yang condong ke atas dari bagian bawah radial rusuk kuku ibu jari.